Peringati HUT Ke-11, Harian Garut News Salurkan 50 Unit Kursi Roda dan Santunan kepada Penyandang Disabilitas Berikut Reward 11 Piagam Penghargaan

FOKUS1,185 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Surat Kabar dan Media Online Harian Garut News pada Senin (24/06/2024), merayakan ulang tahun yang Ke-11 di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Jalan Kiansantang, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota. Di usianya yang lebih dari satu dasawarsa, harian yang memiliki tagline Tajam, Akurat dan Terpercaya itu membuktikan sebagai media konvensional yang tangguh sehingga dapat menghadapi setiap perubahan.

Hadir dalam acara, Pj. Bupati Garut yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dedy Mulyadi, Sekretaris Daerah diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), dr. Maskut Farid, Kapolres Garut diwakili Kasi Humas Ipda. Susilo Adi Prasetyo, Dandim 0611 Garut diwakili Danramil 1101 Garut Kota, Kapten Wardiman, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Agus Barjah, beserta Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Dang Sani.

50 penyandang disabilitas mendapat kursi roda, santunan dan sembako pada perayaan HUT Ke-11 Harian Garut News

Selain unsur pimpinan pemerintah, turut hadir Dewan Redaksi Harian Garut News, Rd. Aas Kosasih, Pimpinan Umum Tata Ansorie, Pimpinan Redaksi Igie N. Rukmana, Pimpinan Perusahaan, Jon Safriman, Redaktur Pelaksana, Nendi Sajidin, beserta Wartawan dan Staf Redaksi, para Kepala Desa, CEO Garut Humanity Ambulance (GHA), Hj. Waffie Zakiyah Basri SE, Pimpinan Sai Study Group Indonesia (SSGI), Bli, pengurus Pokdarkamtibmas, Penggiat Anti Narkoba GANNA, Mojang Jajaka Kabupaten Garut, IPSM dan TKSK Kabupaten Garut, Pelita Intan Muda, 50 keluarga penyandang disabilitas dan undangan lainnya.

Secara simbolis Staff Ahli Bupati bersama Sai Study Group Indonesia salurkan kursi roda kepada penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Garut yang diwakili Staf Ahli Dedy Mulyadi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mengucapkan selamat tambah usia Harian Garut News semoga semakin maju dan bertambah baik dalam pemberitaan sebagai kontrol untuk memberikan publikasi dan edukasi terhadap khalayak masyarakat khususnya di Kabupaten Garut.

Doa bersama unsur pimpinan Harian Garut News bersama warga penyandang disabilitas

“Selamat buat redaksi Harian Garut News yang dipimpin oleh pak Tata sebagai Pimpinan Umum dan salah satu media tergantung kepada keahlian Pimpinan Redaksi yang menjalankannya selamat kepada saudaraku Pimpred Igie yang penuh semangat dalam memajukan medianya juga peran serta kekompakan, kebersamaannya para wartawan sehingga Harian Garut News masih kuat bertahan dan semakin maju. Berita yang akurat, berimbang serta terukur merupakan tanggung jawab insan media yang memegang teguh kode etik wartawan dan mematuhi segala peraturan pers yang ada. Selama ini Harian Garut News konsisten mewarnai informasi-informasi baik pemerintah maupun masyarakat di Kabupaten Garut,” ungkap Dedy.

Disela-sela perayaan HUT Harian Garut News, Pimpinan Redaksi Igie N. Rukmana mengungkapkan, hadir selama 11 tahun, Harian Garut News sebagai salah satu media arus utama setia mengusung jurnalisme yang mengedukasi, menginspirasi dan memegang teguh etika jurnalisme. Seiring dengan perkembangan zaman, Harian Garut News akan terus berupaya untuk mengambil peran dalam mendorong terciptanya situasi yang mendukung keberlanjutan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

“Kami sendiri terus bertransformasi sebagai media. Dari hanya dikenal sebagai Surat Kabar yang terbit pada 27 Juni 2013, kini karya-karya pemberitaan kami hadir pula di berbagai medium dan platform. Kemampuan beradaptasi pada setiap perubahan menjadi sebuah keniscayaan dan Harian Garut News memberikan bukti kepada khayalak bahwa kami bisa eksis di tahun yang ke 11,” ungkap Igie.

CEO Garut Humanity Ambulance, Hj. Waffie Zakiyah Basri SE saat menyalurkan santunan dan sembako

Menurutnya, sebagai sebuah organisasi, bertahan selama 11 tahun menjadi bukti adanya kerja keras, eksistensi visi, fokus pada tujuan, dan mampu beradaptasi pada satiap perubahan atau tantangan. Di tengah disrupsi teknologi dengan makin maraknya media baru, lanjutnya, Harian Garut News mampu beradaptasi dengan baik. Ia menyebutkan, media cetak atau surat kabar mungkin akan menghilang, namun Harian Garut News akan terus eksis dan bertumbuh melalui sinergi dengan berbagi pihak.

“Surat kabar mungkin akan hilang, tetapi Harian Garut News akan terus ada, akan terus tumbuh, terus eksis melayani semua pembacanya dengan platform berbeda. Insya Allah akan memberikan 360 derajat layanan konten dan makna, termasuk untuk semakin membuat Harian Garut News eksis 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun yang akan datang,” katanya.

Penyerahan piagam penghargaan dari Pimpinan Umum Harian Garut News kepada Pj. Bupati Garut yang mewakili.

Igie menegaskan bahwa Harian Garut terus mengedepankan nilai-nilai jurnalisme yang independen, tidak berpihak serta selalu berupaya membawa keberimbangan dalam setiap pemberitaan. Hingga kini, Harian Garut News masih menjadi media yang dapat dijadikan rujukan informasi yang dibutuhkan. Ia merasakan jatuh bangun surat kabar lokal di Kabupaten Garut ini. Namun, berkat kerja sama, kebersamaan dan kekeluargaan, semua tantangan bisa dilewati.

Igie mengungkapkan, setiap perayaan HUT Harian Garut News, redaksi secara intens menggelar ajang penghargaan tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat atas kerja yang inovatif, transformatif, dan berkontribusi nyata serta berdampak luas bagi lingkungan sekitar dan masyarakat Garut.

Wajah sumringah saat keluarga penyandang disabilitas menerima bantuan santunan dan sembako

“Pada perayaan tahun ini pun, kami mengapresiasi kepada 11 orang yang memiliki jiwa kerelawanan untuk sesama, kiprah mereka ini tidak main-main dalam misi kemanusiaan. Kriteria penerima penghargaan yaitu mereka yang memiliki dedikasi tinggi dan ikhlas terhadap tugas kemanusiaan. Kemudian, juga relawan yang melaksanakan penugasan secara tuntas,” ungkap Pimpinan Redaksi.

Dalam kesempatan ini juga, atas kerja bareng bersama Garut Humanity Ambulance (GHA) dan Sai Study Group Indonesia, Harian Garut News menggelar bakti sosial dengan menyerahkan 50 unit kursi roda, santunan dan sembako kepada penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Garut.

Pimpinan Redaksi Harian Garut News, Igie N. Rukmana, S.Kom

“Ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada CEO Garut Humanity Ambulance sebagai penyandang dana utama dalam perayaan HUT Harian Garut News. Terima kasih kepada SSGI yang dimana 200 unit kursi roda sudah disalurkan kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Garut. Terima kasih kepada Pemkab Garut, Bank Bjb, Klinik Pratama Tarogong, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Garut, Cahaya Pesona Tours dan semua pihak yang telah mendukung acara ini hingga sukses digelar,” pungkas Igie N. Rukmana.

Selain pemberian penghargaan kepada 11 relawan yang kerap membantu masyarakat tanpa pamrih, penyaluran 50 unit kursi roda, santunan dan pemberian sembako kepada 50 penyandang disabilitas. Acara perayaan HUT Ke-11 Harian Garut News juga diisi dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pj. Bupati Garut, Sponsor Utama CEO GHA, Moka Kabupaten Garut, potong tumpeng dan kue ulang tahun serta hiburan.

Penyerahan piagam penghargaan oleh Staf Ahli Bupati, dr. Maskur Farid

Berikut 11 relawan yang menerima piagam penghargaan atas kontribusinya berbagi inspirasi dan respon kemanusiaan serta kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat Kabupaten Garut :

1. WAFFIE ZAKIYAH BASRI, SE SEBAGAI CEO GARUT HUMANITY AMBULANCE
Hadir ditengah warga masyarakat yang tidak mampu, memberikan bantuan dengan pelayanan ambulance secara mandiri dan cuma-cuma untuk warga, kerap santunan kepada kaum dhuafa dan lansia/jompo.

2. YANTO KRISWANTO SEBAGAI KEPALA DESA PANEMBONG KECAMATAN BAYONGBONG
Seorang kepala desa yang selalu hadir di tengah warga yang membutuhkan pendampingan ke fasilitas kesehatan termasuk memberikan bantuan dan santunan kepada warga.

3. H. ADE RUKMAN SEBAGAI KEPALA DESA HEGAR MANAH KECAMATAN BAYONGBONG
Menjadi motivator warga dengan aksi kemanusiaan saat ada warga yang meninggal, turun langsung menggali kubur untuk pemakaman jenazah.

4. ASEP KUSNADI SEBAGAI PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN GARUT
Kepedulian terhadap anak didik, setiap pagi hari membantu menyebrangkan anak sekolah di jalan raya Bandung-Tasik tepatnya di Kecamatan
Kersamanah untuk memastikan keselamatannya.

5. DEDEN NUGRAHA SEBAGAI CEO RIHADI PRIMA PERTIWI
Memfasilitasi pembelajaran dan pelatihan para pencari kerja yang terbatas kemampuan biaya, diberikan bimbingan secara gratis hingga disalurkan ke tempat kerja.

6. SAI STUDY GROUP INDONESIA SEBAGAI PENYALUR BANTUAN KURSI RODA
Sudah menyalurkan bantuan kursi roda kepada 200 penyandang disabilitas di Kabupaten Garut.

7. IMAT RUHIMAT SEBAGAI PELOPOR UNIT SAR O9O5 KWARCAB GARUT
Menjadi pelopor, pemberi edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

8. GALIH MAWARIZ, SE., S.IP., M.Si SEBAGAI KABID PEMBERDAYAAN DINAS SOSIAL KABUPATEN GARUT
Seorang ASN yang kerap membantu dalam memberi solusi (problem solving), edukasi dan motivasi kepada warga masyarakat yang berada di garis kemiskinan atau kurang mampu terutama pada masalah upaya-upaya kesehatan masyarakat.

9. YUDHA PUJA TURNAWAN SEBAGAI ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT
Wakil rakyat yang kerap berkunjung kepada warga yang terkena musibah atau bencana, masalah kebutuhan ekonomi (sandang, pangan, papan) dan pendampingannya.

10. LINA HERLINA SEBAGAI PERANGKAT DESA NGAMPLANG KECAMATAN CILAWU
Secara sukarela melakukan pendampingan kepada warga yang sakit untuk melakukan pengobatan, pendampingan khusus pasien ODGJ dan mantan pecandu narkoba untuk rehabilitasi.

11.POKDARKAMTIBMAS BHAYANGKARA SEKTOR CIBATU SEBAGAI MITRA POLRI

Selain sebagai kepanjangtanganan tugas-tugas kepolisian, Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu kerap terlibat dalam aksi-aksi kemanusiaan baik dalam musibah alam maupun bencana kemanusiaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *