Salma Siti Ningrum, S.H. : Harian Garut News Termasuk 5 Unsur Strategis dalam Membangun Kolaborasi Pentahelix

FOKUS1,139 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tahun ke tahun, konon saat ini berbagai stakeholder tengah gencarnya menjalankan peran masing-masing untuk mengatasi berbagai permasalahan masyarakat luas. Satu hal yang harus disadari bersama, bahwa jika berbicara terkait permasalahan, maka tentu hal itu adalah pekerjaan seumur hidup untuk mengatasinya, yang membutuhkan kesadaran kolektif, integritas, serta transparansi sebagai kunci utama.

Ditengah dinamika yang terjadi dalam berbagai sektor kehidupan, kesadaran kolektif yang bermuara pada problem solving tentu akan lebih mudah terwujud melalui sebuah kolaborasi yang terjalin antar stakeholder.

Kolaborasi Pentahelix (Pentahelix Collaboration) adalah konsep kolaborasi yang melibatkan 5 unsur strategis yang biasa disebut ABCGM. Yakni Academy (Akademisi), Bussiness (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Media).

Dari kelima unsur tersebut diatas, harus disadari bersama bahwa media merupakan unsur strategis kolaborasi yang menjadi daya dukung dalam hal apapun. Perkembangan media khususnya media massa pun memang tidak mudah. Tantangan terbesar bagi Media adalah bagaimana caranya bahwa media ini benar-benar menjadi fasilitator yang mengambil peran dalam setiap dinamika pembangunan.

Harian Garut News, merupakan salah satu media yang sohor di Kabupaten Garut dan patut diacungi jempol. Mengemas informasi dengan edukatif untuk bisa dibaca oleh kalangan luas sehingga secara tidak langsung membangun budaya literasi masyarakat yang tidak mudah terbawa hoaks. 11 Tahun berkibar dalam masa kejayaan, Harian Garut News menjadi nafas baru bagi Kabupaten Garut. Bagaimana Harian Garut News benar-benar mengambil peran dalam aktifitas pembangunan dan transformasi Garut kedepan.

Sebuah transfromasi tidak ada yang disebut dengan istilah transformasi mandiri. Tapi, sebuah transformasi membutuhkan kolaborasi luar biasa antara seluruh stakeholder dalam membangun Garut yang digdaya, termasuk kolaborasi dari peran media massa.

Oleh karena itu, kolaborasi dari media tidak hanya berbicara menyajikan berita untuk dikonsumsi publik semata, tapi esensi yang harus terbangun adalah mewujudkan trust dari masyarakat bahwa media ini tidak menjadi “setir” bagi atau atas perintah siapapun. Tetapi media adalah bukti sangat nyata bahwa demokrasi masih hidup dan bernafas dalam negeri ini.

Selamat Ulang Tahun Harian Garut, semoga terus juara, menjadi media terpercaya yang edukatif, serta sarat akan kode etik jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *