Hj Ipa Hafsiah Yakin Berikan Materi Rakernis Pemilu 2024 yang Digelar Panwascam Sukaresmi Garut

SEPUTAR GARUT1,007 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Panwascam Sukaresmi Kabupaten Garut gelar bimbingan teknik (Bimtek) dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Gedung Olah Raga Sukaresmi, Senin (12/01/2024).

Hadir dalam acara unsur Forkopimcam, Panwascam, Panwas Kelurahan dan Desa (PKD) serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Sukaresmi.

Ketua Panwascam Sukaresmi, Ajang Setiana mengatakan, jelang Pemilu 2024 tanggal 14 Pebruari semua jajaran panwas harus siap secara fisik dan mental di lapangan saat kegiatan berlangsung.

Unsur Forkopim Kecamatan Sukaresmi

“Giat ini memang harus dilaksanakan biar semua paham sama tugasnya sebagai panwas. Supaya pemilu 2024 aman,” ujar Ajang, Minggu (12/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut juga, Panwascam Sukaresmi menghadirkan narasumber, Dr Hj Ipa Hafsiah Yakin, Dra, SE, MM, M Si, PhD, yang memaparkan tentang tahapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Ipa Hafsiah memaparkan tentang tahapan pemungutan suara, pra pemungutan suara di TPS, persiapan pemungutan suara di TPS, lokasi TPS, pelaksanaan pemungutan dan rapat pemungutan suara.

Ipa Hafsiah menjelaskan tugas dan fungsi kehadiran PTPS dan Saksi Partai Politik di TPS. Ia juga menjelaskan tentang siapa hak suara, tatacara pemberian suara di TPS, jenis surat suara, hingga penghitungan suara Pemilu 2024, termasuk pemahaman surat suara sah dan tidak sah. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *