KMPPA Garut Gelar Rapat Koordinasi Kelembagaan Penyelenggaraan Perlindungan Anak

FOKUS913 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak (KMPPA) Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kelembagaan Penyelenggaraan Perlindungan Anak dengan tema “Sinergitas Peran Masyarakat dalam Perlindungan Anak untuk Mendukung dan Mewujudkan Garut Sebagai Kabupaten Layak Anak” di Aula Wakil Bupati Garut, Jalan Pembangunan, Komplek Setda Kabupaten Garut, Jumat (08/12/2023).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembentukan KMPPA yang bertugas dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Garut diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dr. Maskut Farid MM, Kapolres Garut diwakili Kasi Hukum Polres Garut, AKP Wien CH, Kanit IV PPA Satreskrim Polres Garut, Ipda Dewi Rahmawati, Kasubnit I PPA Polres Garut, Bripka Regi MC, Ketua KMPPA Provinsi Jawa Barat, Andri Moch. Saftari MM, Ketua KMPPA Kabupaten Garut, Susilawati S.Pd MPd beserta undangan dari berbagai organisasi dan lembaga lainnya.

Para peserta mengaku lebih mendapat pencerahan terkait perlindungan anak setelah mengikuti Rakor KMPPA, Jumat (08/12/2023).

Ketua KMPPA Kabupaten Garut, Susilawati SPd MPd mengatakan untuk optimalisasi pemenuhan hak, pelindungan, serta pemberdayaan terhadap perempuan dan anak  dibutuhkan keterlibatan semua pihak, mengingat permasalahan tindak kekerasan terhadap anak merupakan fenomena gunung es dimana kasus yang kelihatan hanya puncaknya dan yang tidak terlihat banyak sehingga membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya pencegahannya.

“Tujuan dari Rakor ini adalah untuk memperkuat sinegritas antar lembaga penyedia layanan dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak sekaligus memperoleh data dan informasi terkait upaya penegakan hukum dan pemenuhan hak korban kekerasan seksual di Kabupaten Garut. Setelah kegiatan rapat ini diharap semua pihak yang telah terlibat dalam KMPPA dapat berperan serta secara aktif dalam upaya-upaya pencegahan tindak kekerasan,” harap Susilawati.

Kehadiran Kasi Hukum Polres Garut (mantan Kanit PPA) dan Kanit IV PPA Polres Garut diapresiasi panitia dan seluruh peserta undangan.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dr. Maskut Farid MM, yang mewakili Wakil Bupati Garut sekaligus membuka acara mengatakan, KMPPA sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong perlindungan anak dan perempuan terhadap kekerasan dan diskriminasi yang ada di daerah.

“Meskipun KPAID di tempat kami belum terbentuk. Komitmen untuk terus mencegah dan memberikan pelindungan kepada perempuan dan anak dari tindak kekerasan  dan menjaga hak-hak perempuan dan anak tetap kami kedepankan. Kerja sama telah kami lakukan dengan sejumlah lembaga masyarakat, untuk turut membantu menangani kasus-kasus yang terjadi,” ungkap Maskut.

Sementara, perwakilan media yang juga Pimpinan Redaksi Harian Garut News, Igie N. Rukmana S.Kom, mengatakan bahwa melalui rapat koordinasi tersebut diharapkan akan ada diskusi sesuai tugas dan fungsi dari masing – masing lembaga, yang kemudian menghasilkan pembagian kerja siapa akan berbuat apa untuk menindaklanjuti upaya perlindungan anak dalam kasus ini, serta berfokus pada kepentingan terbaik korban. Sinergi dan kerja bersama dari lintas sektor akan sangat penting dilakukan dalam penanganan perkara ini.

“Optimalisasi pemenuhan hak, pelindungan, serta pemberdayaan terhadap perempuan dan anak sangat bergantung pada baiknya kinerja di masing-masing lembaga. Upaya penyusunan regulasi dan pedoman oleh pemerintah pusat tidak akan berjalan maksimal jika tidak didukung oleh kinerja baik oleh pemerintah daerah dan lembaga yang peduli pada kasus-kasus anak,” pungkas Igie. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *