Kades Hegarmanah Bayongbong Garut Sebut Curug Cigandi Bakal Tarik Wisatawan

SEPUTAR GARUT842 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Setiap desa diharapkan memiliki tempat atau lokasi yang menjadi tujuan wisata. Bahkan Pemerintah Kabupaten Garut berharap, semua memilikinya, sehingga setiap desa menjadi destinasi wisata, “One Village One Destination”.

Wisata yang dibangun di desa bisa apa saja, wisata alam, wisata kuliner, kampung wisata atau sejenisnya, yang paling terpenting dengan adanya wisata bisa mendongkrak peningkatan perekonomian warga masyarakat setempat.

Kepala Desa (Kades) Hegarmanah Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, H Ade Rukman Umar Nurasik, sebut di wilayahnya ada lokasi yang bisa dijadikan destinasi wisata berupa air terjun. Namun kata dia, saat ini baik titik lokasi belum ada penataan/dibangun.

Ade mengungkapkan, kalau lokasi air terjun yang dinamakan Curug Cigandi ini ditata dengan baik, akan bisa menarik wisatawan lokal, regional dan nasional.

“Di Desa Hegarmanah ini ada potensi yang dinamakan Curug Cigandi, dari dulu banyak yang meninjau. Kalau saja Curug Cigandi ini bisa didanai oleh Dana Desa saya akan danai,” ujar Ade Rukman, Kamis (09/11/2023).

Ia berharap Dinas Pariwisata Kabupaten Garut bisa meninjau lokasi Curug Cigandi, apakah bisa dibangun dan dikembangkan agar nantinya bisa menunjang perekonomian warga khususnya warga Desa Hegarmanah.

“Untuk pengunjung, dari dulu hingga saat ini, meski Curug Cigandi belum ditata mereka ada, apalagi di hari-hari libur,” katanya.

Namun, sambung Ade, saat ini baik akses jalan maupun lokasi curug, belum ada penataan pembangunan. Memang imbuh Ade, saat ini akses jalan terbantu dengan adanya jalan usaha tani, sehingga akses roda dua bisa mencapai lokasi. (TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *