Dicintai Warganya, Isak Tangis Warnai Perpisahan Camat Kersamanah Garut

FOKUS5,815 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Suasana penuh haru mewarnai Acara Silaturahmi Bapak Muhrom Suwandi A. MP dengan Para Tokoh dan Warga Masyarakat Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut di aula Kantor Kecamatan Kersamanah, Selasa (12/09/2023). Sebagai wujud rasa kehilangan, bahkan tidak sedikit diantara mereka tak kuasa membendung cucuran air mata atau menahan tangis ketika bersalaman dengan mantan Camat Kersamanah tersebut.

Hadir dalam acara, mantan Camat Kersamanah, Muhrom Suwandi beserta staf Kecamatan, Danramil 1105 Cibatu Letda CPL Yusuf, Kapolsek Cibatu yang mewakili, para Kepala UPT, Ketua DPK APDESI Kecamatan Kersamanah Ade Juanda bersama Para Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatam Kersamanah, Ketua FKDT Kecamatan Kersamanah, Dede Suparman, BPD, LPM, Kader PKK dan Posyandu, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda beserta perwakilan masyarakat lainnya.

Isak tangis pecah saat perpisahan Camat Muhrom, Selasa (12/09/2023).

Acara yang dikemas secara sederhana namun sangat berkesan tersebut sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada Muhrom Suwandi sebagai camat Kersamanah yang telah mengabdi selama 3 tahun 11 hari. Pantauan media, isak tangis pecah diantara pegawai kecamatan dan warga masyarakat saat melepas Muhrom Suhandi yang digantikan Camat Kersamanah baru, Muhammad Topan Sandi, yang dilantik Bupati Garut Rudy Gunawan, pada Senin (11/09/2023) lalu.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Camat Muhrom atas pengabdian dan dedikasinya membangun Kersamanah. Jujur saya sangat bersedih atas dipindah tugaskannya beliau. Namun semua itu kita ikhlaskan karena dalam hal pergeseran di dunia birokrasi itu sudah biasa terjadi, saya hanya bisa mendoakan semoga pak Muhrom sehat selalu dan senantiasa sukses ditempat yang baru. Serta berharap camat yang baru dapat melanjutkan program-program yang belum terealisasi,” ungkap Ketua DPK Apdesi Kersamanah, Ade Juanda kepada awak media.

Ketua FKDT Kecamatan Kersamanah, Dede Suparman, mewakili para tokoh yang lainnya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kinerja Camat Muhrom Suhandi selama menjabat. Menurutnya, saat menjalankan tugasnya sebagai camat, beliau adalah sosok yang sangat baik dan patut jadi teladan warga masyarakat.

Pelukan perpisahan bersama warga kecamatan Kersamanah.

“Bagaimana beliau mengedukasi atau mendidik masyarakat, menjalankan program-program di kecamatan, membimbing pemerintahan desa yang jadi binaannya, termasuk saat menggelar Porsadin tingkat kabupaten yang bisa dibilang sukses, berjalan lancar tanpa ada halangan yang mengganggu acara. Semoga Pak Muhrom selalu diberikan kesehatan serta sukses dalam kegiatan, tugas yang sekarang dijalaninya kemudian. Hal positif beliau saat menjabat patut dicontoh oleh penerusnya dalam arti camat baru,” ungkap Ketua FKDT Kersamanah.

Sekretaris Desa Sukamerang, Evi Ruswandi, saat memberikan tanggapan banyak mereview dan menceritakan kembali perjalanan Camat Muhrom selama memimpin Kersamanah selama 3 tahun yang penuh dinamika dan romantika, yang akhirnya membawa berbagai keberhasilan di berbagai bidang seperti terbaik dalam lomba MTQ, Porsadin dan Porkab.

Cinderamata untuk Camat Muhrom.

“Capaian kinerja beliau sangat bagus, banyak prestasi yang diraih selama beliau menjabat seperti juara MTQ, Porsadin, Porkab dan lainnya di tingkat Kabupaten. Namun sangat disayangkan, katanya sekarang pak Camat Muhrom belum mendapat kepastian akan dipindahkan kemana. Ironis, pejabat berprestasi tapi seolah disia-siakan oleh birokrasi maupun petinggi Pemda, padahal masyarakat betapa menghargai dan menghormati beliau,” ungkap Evi Ruswandi.

Sementara dalam sambutannya Camat Muhrom menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga Kersamanah jika di dalam masa kepemimpinannya masih ada program yang belum menyentuh kepada masyarakat. Seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, dia berharap, meskipun nanti dirinya tidak lagi mengabdi di Kersamanah akan tetapi hubungan silaturahim tidak boleh terputus.

“Kami mengucapkan permohonan maaf karena sebagai manusia biasa saat menjalankan tugas sebagai camat pasti banyak terdapat kekurangan-kekurangan, olehnya itu saya dan keluarga meminta untuk dimaafkan. Banyak keinginan yang hendak diperbuat, namun karena berbagai keterbatasan dan sampai dengan berakhirnya masa tugas kami, hal itu belum dapat diwujudkan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mari kita rawat silaturhmi ini jangan sampai putus, luangkanlah waktu dan singgahlah ke kediaman kami, insya Allah kami sekeluarga dengan senang hati akan menerimanya,” ungkap Camat Muhrom.

Forkopim Kecamatan hadiri perpisahan Camat Muhrom.

Sementara seluruh warga yang mengikuti acara perpisahan dengan camat Muhrom tidak dapat menutupi kesedihannya. Ai Maemunah salah seorang warga Kersamanah Kepada wartawan mengatakan tipe dan cara kepemimpinan mantan camat Kersamanah ini dikenal sebagai pemimpin yang kharismatik namun memiliki sifat ramah dan sederahana. Air mata Ai menetes saat berjabat tangan dengan camat yang selama ini ia kagumi dan banggakan. Ai berharap, ditempat tugas barunya, Muhrom Suhandi selalu sehat dan diberikan kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan tugasnya.

“Beliau ini sosok yang sangat begitu dekat dengan warga masyarakat termasuk dengan kaum ibu-ibu. Terima kasih selama menjabat, pak camat selalu menebarkan kebaikan untuk warga Kersamanah. Dan selamat datang kepada pak camat baru, selamat bertugas, semoga bisa lebih dekat dengan kami warga masyarakat Kersamanah,” ungkap Ai sambil menangis. (T. Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *