Dihadiri Forkopim Plus, Kasat Binmas Polres Garut Lantik Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor dan Sub Sektor Cibatu

HALO POLISI1,103 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro SH SIK, diwakili Kasat Binmas Polres Garut, AKP Hasan Sadikin, melantik dan mengukuhkan  pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor dan Sub Sektor Cibatu Resor Garut di Aula Kecamatan Cibatu, Selasa (07/06/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut dari Forkopim Plus, Camat Cibatu, Drs. Sardiman Tanjung, Kapolsek Cibatu, AKP Misno Minoto, Danramil 1105 Cibatu, Letda CPL Yusuf, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana, Ketua Apdesi Kecamatan Cibatu, Tatan Asmara, Ketua MUI, para Kepala Desa, instansi vertikal, pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Bayongbong, Sektor Pakenjeng, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan Ormas/LSM dan tamu undangan lainnya.

Kasat Binmas Polres Garut didampingi Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut saat membacakan kata-kata pelantikan.

Usai pelantikan, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Polri telah membentuk Pokdarkamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri tentang pengukuhan dan pembinaan kelompok sadar kamtibmas dengan visi menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan mencegah tangkal gangguan kamtibmas dengan hadir ditengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran kamtibmas, membangun komunikasi dengan efektif dan intensif dengan masyarakat kelompok atau komunitas, membangun dan mengembangkan kemitraan denfansif segenap komunitas dalam memilihara situasi kamtibmas dan partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

“Kepada para pengurus yang hari ini dilantik dan dikukuhkan saya berharap agar bisa amanah dan membantu serta saling sinergi yang baik pada jajaran di masing-masing wilayah. Pokdarkamtibmas sebagai organisasi yang lahir dari rahim Polri melalui Skep Kapolri diharapkan aktif dalam membantu Polri untuk menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah. Kita harus menjaga organisasi dengan kata dan perbuatan,  dan jangan sampai menodai organisasi dimana kegiatan kita adalah sosial. Alhamdulillah anggota Pokdar tidak ada yang terlibat kriminal, Itu artinya kami sangat menjaga sebagai mitra Polri, makanya anggota pokdar ada dimana saja dan dari kalangan apa saja,” jelas Igie.

Sambutan Camat Cibatu, Drs. Sardiman Tanjung.

Dalam kesempatannya, Camat Cibatu, Drs Sardiman mengatakan, bahwa kontribusi sekecil apapun yang diberikan, itu pasti akan memberikan dampak kebaikan. Keberadaan Pokdarkambtibmas memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusif.

“Dan kita rasakan betul, bagaimana Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, kita mendapatkan rasa aman dan damai. Masyarakat Cibatu harus kompak, saling menghargai, saling memahami dalam perbedaan. Adanya satu keinginan yang bersama, bahwa kalau kemudian hari Kecamatan Cibatu aman dan kondusif maka  itu dapat apresiasi dari seluruh masyarakat,” imbuh Camat.

Ucapan apresiasi juga disampaikan Camat Cibatu atas kerjasama dan sinergisitas yang baik dalam upaya menekan penyebaran wabah Covid-19 di Kecamatan Cibatu. Peran dan kontribusi para stakeholder yang ada, kata Camat, baik pemerintah, TNI/Polri, dunia pendidikan, pengusaha, alim ulama, elemen masyarakat, Pokdarkamtibmas dan LSM sangat penting.

Sinergitas Kapolsek Cibatu dan Danramil 1105 Cibatu kerap ditunjukan diberbagai acara.

“Saya apresiasi betul atas prestasi warga masyarakat dan ormas dalam hal kepatuhan, atas kerjasama dan sinergisitas berbagai element dalam menekan penyebaran wabah Covid-19, proses yang panjang sejak awal pandemi datang, Pemerintah, TNI/Polri, Nakes dan organisasi kemasyarakatan saling bersinergi untuk menjadi garda terdepan tanggap bencana wabah Covid-19,” ucapnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Garut, AKP Hasan Sadikin dalam sambutannya juga turut memberikan arahan kepada pengurus Pokdarkamtibmas yang baru dilantik, agar bisa menjadi mitra pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan bisa dirasakan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Terbentuknya Pokdarkamtibmas ini diharapkan kemitraan dengan pihak kepolisian yang selama ini sudah berjalan dengan baik dapat terus di pertahanan bahkan ditingkatkan.

Pelantikan Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor dan 11 Sub Sektor Se-Kecamatan Cibatu berjalan khidmat.

“Terlebih aspek keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan aspek yang sangat penting dalam mendukung proses pembangunan, oleh karena itu diharapkan dengan terbentuknya Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu ini selain bersinergi dengan kepolisian juga dapat bersinergi dengan pemerintah setempat. Para pengurus yang telah dilantik diharapkan dapat membawa dampak positif kepada seluruh masyarakat,” ungkap Kasat Binmas.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Hasan menyampaikan bahwa Polres Garut mempunyai program prioritas “KASEP” yang artinya Kolaboratif, Adaptif, Solutif, Edukatif dan Presisi. Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Kapolri telah melaunching program Polisi RW yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Kasat Binmas Polres Garut, Forkopim Kecamatan Cibatu, Para Kepala Desa foto bersama dengan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara dan tamu undangan.

“Dalam bekerja, nantinya Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapun peran Polisi RW ini akan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah dan para Ketua RW utamanya terkait informasi,” pungkas Kasat Binmas Polres Garut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *