Bersamaan, Tiga Partai Ini Daftarkan Bacaleg ke KPUD Garut

POLITIK1,371 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jum’at (12/05/2023), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut kembali terima pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golangan Karya (Golkar), secara berurutan karena kedatanganya nyaris bersamaan selepas sholat Jum’at.

Usai menyerahkan berkas, Ketua PSI DPD Garut, Ramdhan Gumilar menyampaikan, PSI hanya hadir di tiga Dapil, yakni Daerah pemilihan 1,3, dan 4.

 

“Target kami pun tidak muluk muluk, yaitu hanya tiga kursi di tiga dapil. Tapi kami akan bekerja keras untuk mencapai target tersebut. Terkait syarat 30 persen perempuan pun telah terpenuhi,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Garut Irwan Dani menyebutkan, Partai Amanat Nasional serentak se-Indonesia termasuk di Kabupaten Garut melaksanakan pendaftaran Bakal Calon Legislatif ke KPU.

“Kita laksanakan pendaftaran hari ini bertepatan hari Jumat, hari yang luar biasa. Hari yang agung. Bertepatan juga di tanggal 12 Mei 2023, 12 merupakan no urut partai kita. Sehingga mudah-mudahan di hari ini Partai Amanat Nasional menjadi partai yang agung juga di Indonesia,” Katanya.

Irwan mengatakan, PAN melebihi aturan undang-undang terkait dengan persentase keterwakilan gender (Perempuan).

“Undang-Undang ditetapkan 30 persen, nah kita lebih dari 30 persen. Bahkan ada satu Daerah pemilihan kita yang antara perempuan dan laki-laki nya itu 50 persen. Hal itu menjadi bukti bahwa Partai Amanat Nasional, memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan,” ujar Irwan.

Ia berharap, kaum perempuan di Garut mempunyai giiroh, semangat untuk memenangkan para caleg perempuan yang ada di Partai Amanat Nasional.

“Dalam pemilu mendatang kami targetkan 7 kursi dari 6 dapil. Kenapa 7 kursi, pertama saya meyakini bahwa 7 kursi itu tercapai.
Karena melihat komposisi caleg saat ini dan antusias yang luar biasa dari para caleg generasi muda. Dan kalangan milenial ini bisa kita lihat, dari KNPI, Karangtaruna, HMI, Pemuda Persis, pemuda Muhammadiyah dan teman-teman dari organisasi lainnya,” ujarnya.

Sebagai pendaftar terakhir di hari itu, Ketua DPD Partai Golkar, Euis Ida Wartiah, saat konferensi pers menyampaikan, bahwa pada Pemilu 2024 mendatang Golkar mentargetkan 11 kursi dari 6 Dapil.

“Kami telah menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg. Berkas lengkap termasuk kuota 30 persen bacalag dari kalangan perempuan,” ujarnya.

Euis Ida, yang saat ini menjadi ketua DPRD Garut itu menyebutkan, bahwa dirinya pada Pemilu 2024 mendatang, mencalonkan diri si DPRD Provinsi. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *