Bupati Garut Buka Turnamen Sepak Bola U-40, Rudy : Saya Akan Pensiun, Teruskan Kompetisi Ini

FOKUS1,154 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut melalui UPT SOR Kerkhof menggelar turnamen Sepak Bola U-40 Season 3 memperebutkan trofi Bupati Garut yang digelar mulai 28 Maret hingga 18 April 2023 mendatang, di lapangan Merdeka SOR Kerkhof, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (28/03/2023).

Turut menghadiri acara pembukaan yang ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, didampingi oleh Kadispora Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko, Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin, Ketua Umum Askab PSSI Garut, Amar Komarudin, Kepala UPT SOR Kerkop, Endang Rustandi, Forkopim Kecamatan Tarogong Kidul beserta undangan lainnya.

Meskipun sempat diguyur hujan lebat namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan antusiasme peserta untuk mengikuti acara pembukaan turnamen. Bupati Garut dalam sambutannya menyampaikan memberikan dukungannya serta mengucapkan selamat atas digelarnya turnamen sepakbola U-40 tersebut. Kepada seluruh tim yang berlaga, Bupati berpesan untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas selama bertanding.

“Saya apresiasi kepada para peserta yang usianya sudah 40 tahun ke atas tapi masih berani main sepakbola. Saya ingatkan agar menjaga kesehatan apalagi sedang berpuasa, kalau dari segi teknik dan strategi mungkin masih berbekas tapi kalau dari tenaga sulit untuk dibuktikan, karena biasanya usia 35 tahun itu sudah gantung sepatu, ” kata Bupati Garut.

Pemerintah Daerah, kata Rudy, akan selalu siap mendukung kegiatan yang ingin memajukan olahraga di Kabupaten Garut khususnya sepak bola. Ia berharap turnamen sepakbola piala Bupati ini akan terus berlanjut pada era kepemimpinan Bupati Garut berikutnya, karena dirinya akan segera pensiun pada awal 2024 nanti.

“Kegiatan sepakbola piala Bupati U-40 ini awalnya digagas oleh Kepala UPT SOR Kerkhof kang Ndang Ilen dan sudah memasuki tahun ketiga. Tahun depan saya pensiun. Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut sampai tahun ke 10, ke 15 dan seterusnya, setelah lapang ini menjadi lebih bagus luar biasa,” ujarnya.

Disebutkan lapangan SOR Kerkhof ini akan segera direhab menjadi lapang sepakbola berumput sintetis, sebagai amanat Bupati Garut terdahulu, H. Dede Satibi kepada dirinya.

“Mari kita jadikan turnamen sepak bola ini sebagai ajang untuk mempererat silaturrahmi di bulan suci ramadhan, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antar sesama. Kami merasa bangga karena animo masyarakat sangat tinggi pada turnamen ini. Saya juga mengharapkan agar semua pihak, baik pemain dan official dapat bermain secara sportif dan fair play,” tandas Bupati Garut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Usep Basuki Eko, mengatakan, peran serta masyarakat diantaranya usia 40 ke atas seperti ini untuk menjaga stamina tetap bugar supaya fisiknya kuat.

“Kita tidak fokus ke prestasi saja, tapi ini adalah kesertaan kesertaan olahraga dalam masyarakat, jadi kita dorong supaya masyarakat lebih banyak lagi berpartisipasi dalam olahraga salah satunya olahraga sepak bola,” katanya.

Ketua KONI Garut, H. Abdusy Syakur Amin mengatakan, sepakbola ini sangat unik dengan diselenggarakan pada bulan puasa. Rektor Uniga ini menyambut baik kegiatan turnamen sepak bola U-40 ini dan mengharapkan dapat menciptakan hubungan yang harmonis antar pemain dan pecinta sepak bola di Garut.

“Ini sangat hebat ya teman-teman, kita kita malah mendapat aktivitas kegiatan manusia sangat berat, tapi juga menunjukkan bahwa mereka jadi orang-orang yang bugar. Paling tidak buat kita ada persiapan tetap harus olahraga supaya bugar kuat dan sehat,” ucapnya.

Ketua Panitia Piala Bupati Garut U-40, Nurul Safarid, menjelaskan gelaran ini menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Garut dan menjadi yang terakhir dalam kepemimpinan Rudy Gunawan. Ia juga mengucapakan terima kasih kepada semua pihak baik panitia serta para sponsor yang telah bekerja sama dalam mempersiapkan hingga turnamen ini dapat terlaksana.

“Kami ingin menjadikan Piala Bupati Season ketiga ini jadi momen spesial, terutama bagi Pak Bupati yang baru meraih gelar Doktor dan akan mengakhiri masa kepemimpinannya awal tahun depan. Maka untuk piala pun yang tadinya piala bergilir, tahun ini akan menjadi piala tetap bagi siapa saja juaranya,” beber Nurul.

Lanjut Nurul, pada akhir acara final sepakbola ngabuburit piala Bupati yang dijadwalkan 18 April mendatang dengan melibatkan 24 tim ini, rencananya akan ada pembagian sembako untuk 100 anak yatim dan tidak mampu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *