Meriahkan HJG Ke-210, PC Himpaudi Cikajang Garut Gelar Festival Keluarga PAUD

FOKUS4,625 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Camat Cikajang Kabupaten Garut, Riyana Tasripin S Sos, hadiri dan buka acara puncak Festival Keluarga PAUD tahun 2023 tingkat kecamatan di Gedung Kober Nurussyifa Kampung Ciarileu Desa Girijaya, Sabtu (25/02/2023).

Ketua PC Himpaudi Kecamatan Cikajang yang juga selaku ketua pelaksana Vita Pusvita menyebutkan, kegiatan tersebut dalam rangka turut memeriahkan Hari Jadi Garut (HJG) ke 210, sesuai dengan arahan dan intruksi Himpaudi Kabupaten Garut.

“Alhamdulilah hari ini kita menyelenggarakan puncak gebyar Festival Keluarga PAUD tahun 2023 tingkat Kecamatan Cikajang, yang mana ini adalah program turunan dari pimpinan daerah Himpaudi Kabupaten Garut dalam rangka memeriahkan Harijadi Garut yang ke 210,” ujar Vita.

Vita mengatakan, ada 31 lembaga yang ikut berpartisipasi dan jumlah total partisipan anak sebanyak 5055 siswa yang ikut dalam acara.

“Ada tiga katagori yang untuk anak, ada lomba seni arsil, kedua lomba estapet bola, ketiga lomba video rampak sekar,” katanya.

Kemudian, lanjut Vita, untuk guru ada lomba Qasidah tradisional, lomba membuat cerita finger painting dan bercerita di depan anak.

“Yang ketiga sebenarnya ada lomba untuk bunda PAUD Desa, tapi untuk pelaksanaan bunda PAUD desa diundur di momen hari diknas di tanggal 2 Mei 2023 nanti,” ungkapnya.

Lanjut kata Vita, selain memeriahkan Hari Jadi Garut, kegiatan juga sebagai momen tahunan untuk mengasah ke terampilan, kreativitas anak tidak hanya interaksi di lembaga pendidikan setempat saja, namun dibawa ke tingkat kecamatan, bertemu dengan teman baru dari lembaga lain.

Sementara, Camat Cikajang, Riyana Tasripin yang hadir dalam acara, menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya acara. Ia berharap, kedepan dirinya akan berkoordinasi dengan korwil pendidikan dan ketua PC Himpaudi, untuk melakukan kolaborasi kegiatan, termasuk dengan para kepala desa dalam pemanfaatan Dana Desa untuk kegiatan pendidikan masyarakat.

“Para kepala desa bisa mengalokasikan Dana Desa untuk mendukung PAUD yang ada di tingkat desa. Kemudian untuk ketingkat kabupaten mungkin salah satunya jangka pendeknya. InsyaAllah kami juga dengan pak korwil pendidikan Cikajang di tanggal 28 Pebruari ada kegiatan di tingkat kabupaten. InsyaAllah kami juga akan ikut mendukung dan berpartisipasi juga menyaksikan,” kata Camat Cikajang.

Ia berharap, di tingkat kabupaten para anak anak PAUD yang ada di Kecamatan Cikajang bisa berprestasi. Kedepannya kami di musrenbang-musrenbang kedepan, kami juga bisa mendukung kegiatan atau pembangunan PAUD di wilayah Kecamatan Cikajang,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *