BerAKHLAK Jangan Sekedar Jargon, Wabup Garut Minta ASN Berempati kepada Masyarakat

FOKUS1,124 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berempati kepada masyarakat, terlebih daerahnya kerap terjadi bencana, termasuk kejadian bencana belakangan ini.

Hal tersebut diungkapkannya dalam kegiatan Apel Gabungan Terbatas di Lapang Sekretariat Daerah, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (6/2/2023).

Wabup mengungkapkan, bencana gempa bumi yang sebelumnya terjadi di Kabupaten Garut, dapat diambil hikmahnya untuk meningkatkan rasa empati kepada masyarakat khususnya para penyintas bencana.

“Bentuk perhatian kita, rasa empati kita kepada masyarakat, sehingga masyarakat tenang,” ungkapnya menerjemahkan makna empati.

Wabup Garut juga mengingatkan para ASN sebagai pelayan masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan agar tetap memungkinkan melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam pelayanan terhadap masyarakat.

“Karena kita adalah pelayan masyarakat, karena kita adalah orang-orang yang sudah bersumpah, sudah berjanji,” ujarnya di hadapan peserta apel.

Helmi menjelaskan, pemerintah pusat sudah memberikan arahan kepada ASN melalui slogan “BerAKHLAK” yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmoni, royal, adaptif, dan kolaboratif, agar terus diterapkan oleh para ASN.

“Agama mengajarkan kepada kita bahwa dasar daripada BerAKHLAK itu adalah hati yang selamat, rasa empati, rasa kanyaah, kadeudeuh yang harus ada di hati kita,” jelas Helmi.

Helmi menyampaikan, bahwa BerAKHLAK juga berkaitan dengan keimanan, salah satunya yaitu dapat dilakukan dengan melayani dan berbuat baik kepada tetangga, dengan melakukan pelayanan yang mampu menjamin kehidupan masyarakat.

“Jadi berAKHLAK itu akan hanya menjadi slogan ketika hati kita tidak berupaya bagaimana untuk menyelami, bagaimana untuk membersihkan bagaimana untuk menyimpan empati di dalam hati kita kepada masyarakat,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *