Ketua Kwarda Jabar Gerakan Pramuka, Buka Secara Resmi Perkemahan Wirakarya Daerah di Malangbong Garut

FOKUS880 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat (Kwarda Jabar) Gerakan Pramuka, Kak Atalia Praratya Ridwan Kamil, membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) di Desa Girimakmur Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, Sabtu (19/11/2022).

Turut hadir Bupati Garut Rudy Gunawan selaku Ka Mabicab, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman yang juga selaku Ketua Kwarcab dan jajaran, Sekretaris Daerah Drs H Nurdin Yana MH, unsur Forkopimcam Malangbong, Ka Kwaran, para kepala desa di wilayah setempat serta peserta PWD.

Ketua Kwarda Jabar, Kak Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Ka Mabicab Garut, Rudy Gunawan

Dalam sambutannya, Kak Atalia menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan yang tersusun sangat rapi oleh Dewan Kerja Pramuka (DKD). Dan menurutnya, gerakan pramuka harus hadir ditengah dan menyentuh warga masyarakat.

“Saat ini hadir 700 peserta dan ini sangat luar biasa. Jhon F Kennedy pernah mengatakan, jangan tanyakan apa yang negara akan berikan untukmu, dan apa yang negara akan lakukan untukmu. Tapi tanyakan apa yang akan kita lakukan untuk negara. Maka hari ini Perkemahan Wirakarya Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat hadir untuk menunjukkan, pramuka adalah solusi dan menyentuh kebutuhan masyarakat,” papar Atalya.

Masih dalam paparannya, pada kegiatan PWD tersebut, Atalia juga menyinggung adanya program rutilahu, sarana air dan MCK dan kegiatan penanaman pohon dan lagi ada progran pramuka mengajar.

Kepada para peserta Atalia mengatakan, bahwa pramuka yang sejati adalah yang selalu siap untuk hadir di tengah-tengah masyarkat. Menurutnya, harus diingat bahwa Kacu atau setangan leher KACU yang dikenakan pada seragam pramuka, mengandung tanggungjawab yang sangat luar biasa.

“Maka dimanapun kalian berada lakukan kebermanfaatan tersebut,” tandas Atalia.

Sementara, Bupati Garut selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Geralan Pramuka Kabupaten Garut, Rudy Gunawan, mengatakan jika pelaksanaan PWD ini merupakan hari yang bersejarah, karena perwakilan Pramuka dari 24 kabupaten/kota di Jawa Barat berkumpul dan hadir di bumi perkemahan yang ada di Kecamatan Malangbong ini.

“Sayapun berharap dengan kegiatan ini, bisa bersatu dan saling memberikan sumbangsih pemikiran satu dengan yang lainya. Dan lebih penting lagi, anggota pramuka ini biaa mempunyai kepribadian yang lebih daripada yang lainya dengan Dasa Dharma-nya. Oleh sebab itu, Dasa Dharma harus dijadikan relevan untuk kehidupan kita semua,” kata Bupati Garut. (T Supriatna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *