oleh

Menarik, Dinkes Garut Gelar Lomba Balita Sehat 2022

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menyelenggarakan Lomba Balita Sehat tingkat kabupaten tahun 2022. Dalam rangka mendukung kampanye menambah gizi, agar generasi menjadi cerdas. Kegiatan berkerjasama dengan Puskesmas Tarogong Kaler, Puskesmas Cipanas, Puskesmas Mekarwangi serta Puskesmas Tarogong Kidul, di Hotel Harmoni Garut, Senin (26/09).

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr.Tri Cahyo Nugroho mengatakan, hari ini kabupaten Garut sedang gencar-gencarnya melakukan upaya intervensi gizi untuk menurunkan langkah stunting di Kabupaten Garut. Dengan angka stunting 15,14% secara pengukuran yang sudah di survey 35,2%. Hal tersebut tentunya masih sangat minim, namun jika dilihat tentunya masih tinggi sehingga bisa dikatakan sehat.

“Saya berharap bahwa kedepan kita tidak fokus ke hal-hal yang stunting. Justru fokus mendorong balita kita sehat semua, karena dengan mendorong balita menjadi sehat maka stunting juga akan menjadi turun, gizi buruk juga akan hilang,” ungkapnya.

dr. Tri Cahyo menerangkan, dalam perlombaan tersebut para dewan juri nantinya akan menggali lebih jauh lagi tentang pola asuh balita.

“Hal ini akan digali lebih dalam lagi terkait bagaimana balita ini di asuh menjadi balita lebih sehat, seperti dalam hal makanan atau ASI nya terlebih dahulu. Kalo dari dokter anak nanti akan memeriksa dari ujung rambut sampai ujung kaki, ” tandasnya.

Diterangkannya, dalam hal kesehatan, pihaknya tengah memperoleh data dari PKK, namun yang menarik dalam lomba ini adalah unjuk kebolehan anak-anak. Yang mana dari lomba ini anak-anak yang sudah berkembang sudah bisakah bernyanyi atau menari, mengaji, hafalan atau juga bisa pencak silat.

“ Untuk kedepan ini, nanti kita seting sepanjang catwalk untuk anak-anak. Kita minta jalan untuk unjuk keberanian, ini hanya untuk melatih keberanian mereka berjalan didepan panggung seperti ini,” tambah dr. Tri.

Kegiatan tersebut akan digelar disetiap kecamatan kabupaten Garut, dan pihaknya mengucapkan terimakasih telah difasilitasi oleh setiap kecamatan, puskesmas dan desa atas berlangsungnya acara tersebut serta berharap mudah-mudahan dengan kegiatan ini menghasilkan pemenang-pemenang yang menjadi balita-balita sehat di masa depan.

Adapun para pemenang dari Lomba Balita Sehat Tahun 2022 sebagai berikut. (Don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru