oleh

Semarak dan Kilauan Obor Warnai Perayaan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah di Mekarsari Cibatu Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Ratusan warga Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, menggelar tradisi pawai obor untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Jum’at (29/7/2022) malam.

Pawai obor merupakan salah satu tradisi warga menyambut datangnya Bulan Muharam atau malam 1 Suro. Menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer dengan berjalan kaki tak menyurutkan lanngkah warga untuk memeriahkan tahun baru Islam.

Pawai obor yang dimulai dari Kantor Desa Mekarsari itu diikuti oleh ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak. Warga tampak antusias mengikuti perayaan malam tahun baru Islam.

Salah satu warga, Dimas, mengaku senang dalam kegiatan pawai obor keliling kampung Desa Mekarsari ini dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam.

Tidak hanya obor, mereka juga membawa spanduk bertuliskan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Peringatan Tahun Baru Islam ini cukup meriah, mereka membawa pengeras suara sambil berselawat mengelilingi jalan.

Sementara, Kepala Desa Mekarsari, Ahmad Sadli mengatakan, peringatan tahun baru Islam dengan pawai obor keliling merupakan tradisi turun temurun.

“Memperingati Tahun Baru Hijriyah wilayah kami, pertama dia awali dengan berdo’a bersama lalu kemudian dilanjutkan dengan pawai obor keliling Desa Mekarsari,” ujarnya.

Terpisah, Ketua MUI Mekarsari, Ustad Yusep Jamaludin menyampaikan rasa syukurnya apalagi melihat antusias warga yang menyambut datangnya tahun baru Islam dengan penuh sukacita.

“Alhamdulilah dan terimakasih atas antusias warga dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah di masing-masing RW di Desa Mekarsari, mulai RW 1 sampai RW 10, mudah-mudah untuk tahun kedepannya lebih meriah dari tahun ini,” tuturnya.

Pantauan hariangarutnews.com, pawai obor dimulai dari kantor desa dan berakhir di Kampung Wedasari Desa Mekarsari. (Don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru