oleh

Wakil Bupati Garut Minta Semua Pihak Serius Perangi Narkoba

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengingatkan semua pihak, bahwa penyalahgunaan narkoba merupakan sesuatu yang harus diperhatikan secara serius. Bahkan, jika dihubungkan dengan ekonomi, banyak uang yang beredar di narkoba dan itu merupakan perputaran yang negatif.

“Sehingga menyedot yang tadinya anggarannya untuk makan, minum, untuk pakaian, untuk rumah, dan terjadilah perputaran ekonomi yang positif, kemudian beralih anggarannya untuk narkoba yang tidak punya manfaat sedikit pun, kecuali hanya untuk obat-obatan,” ujar Helmi di Sekretariat TP PKK Garut, Kecamatan Garut Kota, Senin (27/06/2022).

Wabup menilai, saat ini laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut terbilang cukup rendah yaitu berada di angka 3,6 persen. Oleh karenanya, Wabup Garut mengajak semua pihak agar perputaran uang ekonomi diarahkan ke hal yang positif.

“Jangan sampai berputarnya di Narkoba, oleh karena itu saya sangat mendukung upaya Bapak Presiden, kemudian juga diturunkan kepada BNN, bagaimana caranya agar Narkoba itu betul-betul bisa diberantas, bisa diturunkan angkanya, sehingga pertumbuhan ekonomi itu beralih kepada hal yang positif,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Garut, AKBP AKBP Deni Yus Danial, menuturkan acara hari ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan HANI Tahun 2022 tingkat Kabupaten Garut yangvdilaksanakan dalam tiga tahap.

“Ini adalah rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang dilaksanakan di Kabupaten Garut, dimana pelaksanaannya ada tiga tahap, yaitu Pra-Hari Anti Narkotika Internasional dan hari ini puncak HANI, dan nanti ada pasca HANI,” tuturnya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk peringatan HANI ini, salah satunya yaitu menggerakan beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Garut.

“Di antaranya adalah kegiatan menggerakan komunitas teman sebaya hidup sehat anti narkoba, dengan komunitas-komunitas sepeda, komunitas seni, komunitas fotografi, dan kegiatan-kegiatan pencegahan seperti tes urin, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kemudian kegiatan edukasi di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan keluarga,” jelasnya.

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut juga memberikan penghargaan kepada instansi dan lembaga yang berperan aktif dalam peningkatan penguatan fasilitasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Nasional Internasional (HANI) ke – 20 Tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 26 Juni tiap tahunnya.

“Berikut juga hari ini diberikan penghargaan kepada semua pihak atas prestasinya berperan aktif dalam peningkatan penguatan fasilitasi P4GN di Kabupaten Garut, ada lingkungan pendidikan, lingkungan pemerintah daerah, aparat terkait, kemudian di kecamatan/desa, sampai ke RT/RW,” paparnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Muksin, sebagai salah satu pihak yang menerima penghargaan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BNNK Garut. Ia berharap kampanye yang selalu pihaknya lakukan, bisa memberikan dampak kepada masyarakat.

“Harapannya agar kampanye ini tentunya dapat memberikan dampak kepada masyarakat khususnya Kabupaten Garut, agar dapat menjauhi dari Narkoba, khususnya untuk generasi muda harapan bangsa,” kata Muksin.

Dengan penghargaan ini, imbuh Muksin, pihaknya akan terus mensosialisasikan dan mengkampanyekan anti narkoba kepada masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru