oleh

Kawasan Wisata Manuk Mandi Desa Cisitu Malangbong Didambakan Warga, Kades : Ini Perlu Didukung Pemkab Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus gencarkan program Desa Wisata, diharapkan disemua wilayah desa “One Vilage One Destination”. Hal ini pun tentunya disambut semua wilayah desa di Kabupaten Garut dengan berlomba menggali potensi wisata masing masing sesuai kondisi wilayah dan sumber daya alam yang ada dan kreatifitas warga atau kearifan lokal.

Kabupaten Garut dikenal dengan istilah Gurilap yang artinya Gunung, Rimba, Laut dan Pantai. Dengan potensi inilah sekarang setiap desa bermunculan ide gagasan untuk menjadikan daerah atau desanya menjadi tujuan wisata.

Program Desa Wisata ini pun didukung penuh oleh Pemkab Garut yang berharap, setiap desa terus menggal potensi daerahnya dan diharapkan ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga masyarakat.

Dan saat ini banyak dijumpai disetiap desa Detail Engineering Design (DED) sebagai rujukan dalam membuat  perencanaan secara detail. Seperti halnya Pemeritah Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, yang merencanakan Kawasan Wisata Embung dan bumi Perkemahan Manuk Mandi.

Kepada hariangarutnews.com, Kepala Desa Cisitu, Asep Saepudin S Pd menyampaikan bahwa perencanaan kawasan wisata embug dan bumi perkemahan tersebut cukup memiliki potensi dan daya tarik tersendiri. Sangat tepat sekali untuk dijadikan objek tujuan wisata apabila ditata dengan baik.

“Luas wilayah kawasan tersebut ad 14 hektare dan kemudian juga bisa dibangun rest area, wisata air dan kuliner, bahkan di kawasan ini bisa dibuat sarana olahraga lari, renang dan bersepeda,” kata Asep.

Menurutnya, apabila kawasan ini bisa dibangun, hal ini juga tentunya akan berdampak pada perekonomian warga dengan terciptanya lapangan kerja baru untuk warga.

Asep berharap, dengan  jasa konsultasi perencanaan (DED), perencanaan pembangunan kawasan Desa Wisata Cisitu di Kecamatan Malangbong ini dapat berjalan lancar sesuai rencana. Kemudian juga imbuh Asep, tentunya mohon dukungan dan arahan dari Pemkab Garut.

“Dengan berdirinya Desa Wisata Manuk Mandi, tak hanya meningkatkan pendapatan desa, yang tak kalah pentingnya banyak  manfaat yang bisa didapat atau dirasakan oleh warga masyarakat dengan adanya pembangunan
Desa wisata tersebut,” pungkanya. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru