oleh

Dihadiri Kabid Pemdes DPMD Garut, Ini Kades Terpilih Hasil PAW di Desa Girimukti Cibatu

HARIANGARUTNEWS.COM – Tahun ini ada tiga desa di Kabupaten Garut yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW). Tiga desa tersebut diantaranya satu desa berada di kecamatan Cibatu dan dua desa di Kecamatan Leles.

Pada, Rabu (12/01/2022), Pilkades PAW digelar di Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu. Pantauan hariangarutnews.com, jalannya Pilkades PAW di desa ini dihadiri Kabid Pemdes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Idad Badrudin SE, Camat Cibatu Drs Sardiman Tanjung, Kapolsek Cibatu, AKP Duhri, Danramil 1105 Cibatu, Kapten (Inp) Dede Armi Barkah, Kasi Trantib, Tarmana beserta jajaran. Kegiatan yang berlangsung mendapat pengamanan dari personel TNI/Polri dan Sat Pol PP. Aparat standby di lokasi untuk mengamankan kegiatan yang berlangsung.

Camat Cibatu, Drs Sardiman Tanjung dalam sambutannya menyampaikan, ada sisa masa jabatan satu tahun lagi dan sesuai aturan apabila masa jabatan lebih dari satu tahun maka akan dilakukan PAW. Dikatakan Camat, pelaksanaan Pilkades PAW Girimukti menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Semua perwakilan warga, juga tamu undangan, wajib pakai masker, cuci tangan dan masuk melewati bilik disinfektan.

Tiga calon Pilkades PAW Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu.

“Pilkades PAW Desa Girimukti ini untuk mengisi kursi Kades yang kosong. Karena Kades sebelumnya Drs. Sumarna Wiriadi, menjabat periode 2017-2023 di tengah masa jabatannya meninggal dunia, tahun kemarin. Adapun untuk proses pendaftaran hingga penetapan Kades hasil Pilkades antar waktu itu dimusyawarahkan oleh pihak desa,” tutur Camat Cibatu.

Untuk Pilkades PAW Desa Girimukti ini diikuti 110 orang memiliki hak suara. Mereka merupakan perwakilan dari tiga dusun yang ada. Proses penghitungan suara Pilkades di Girimukti tersebut memilih Kades untuk jabatan hingga tahun 2023 mendatang. Semua calon, kata Camat Cibatu, telah melewati beberapa tahapan seleksi sehingga yang bersangkutan berhak ikut serta dalam ajang PAW Kepala Desa Girimukti.

Usai pembukaan, langsung dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) lebih dahulu, yang dipimpin langsung ketua BPD, Adis S.Pd. Saat ditawarkan musyawarah, para perwakilan warga spontan sepakat dilakukan pemungutan suara. Untuk calonnya ada tiga orang masing-masing Nomor Urut 1 Taufan Irawan, Nomor Urut 2 Dede Samsudin, dan Nomor Urut 3 Ridwan.

“Jumlahnya telah memenuhi quorum dan Pilkades PAW bisa digelar. Di awal BPD menawarkan dulu musyawarah dalam Musdes, dan warga sepakat menginginkan pemungutan suara. Akhirnya ditempuh dengan pemilihan,” beber Camat.

Pemungutan suara diikuti 110 orang sebagai perwakilan masing-masing dusun yang sudah ditetapkan. Proses pemungutan tentunya berjalan singkat. Di akhir penghitungan, calon kades Dede Samsudin meraih 61 suara, disusul Taufan dan Ridwan masing-masing dapat 24 dan 24 suara saja.

Walau begitu, ada suara tidak sah dalam proses pemungutan suara berlangsung. Jumlahnya hanya sedikit, yakni 1 suara.

Pada kesempatan ini, Kabid Pemdes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Idad Badrudin SE berpesan, Pilkades Antar Waktu ini bukan mencari yang terbaik tetapi atas kehendak Allah SWT, ditentukan melalui Musdes dan semua adalah putra daerah.

“Terpilih dalam Pilkades PAW Girimukti adalah Dede Samsudin selanjutnya akan menjabat sebagai kades definitif hingga 2023 mendatang. Pasca Pilkades PAW segera kami usulkan proses pelantikannya ke Bupati Garut,” kata Kabid Pemdes.

Lebih lanjut dikatakan Idad, berbeda dengan pelaksanaan Pilkades biasa dimana masyarakat yang telah memenuhi syarat hak pilih boleh memilih, maka untuk PAW ini jumlah pemilih hanya dilakukan oleh perwakilan. Pelaksanaan PAW di Desa Girimukti Kecamatan Cibatu ini, lanjut Dia, dihadiri oleh peserta Musdes sebanyak 110 orang dari 11 RW dan 33 RT di tiga wilayah kedusunan.

“Calon terdiri dari tiga calon hasil proses seleksi karena calon ada empat dan berdasarkan Perbup 225 tahun 2021 Jo perbup 11 tahun 2021 tentang pemilihan Kepala Desa, bahwa Kepala Desa untuk PAW hanya diikuti paling banyak tiga orang. Terima kasih atas kerja keras panitia Pilkades PAW Desa Girimukti sehingga tahapan-tahapan mulai penjaringan sampai penetapan calon Kades antar waktu berjalan dengan baik dan kondusif. Untuk PAW Pilkades Desa Girimukti jumlah hak pilih sebanyak 110 orang meliputi BPD, Ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh tokoh,” pungkas Kabid Pemdes. (Jep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru