oleh

Kalak BPBD Garut Apresiasi Sekolah Sungai Cimanuk Tanam 3.000 Pohon di Cihurip

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Sekolah Sungai Cimanuk yang menggagas kegiatan penanaman pohon sebanyak 3.000 bibit pohon tanaman keras bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, dipusatkan di area Sungai Cisanggiri, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Senin (10/01/2022).

Kalak BPBD Garut, Satria Budi menuturkan, bahwa setiap tanggal 10 Januari selalu diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon dan merupakan hal positif dalam momentum ini, Sekolah Sungai Cimanuk menggagas kegiatan penanaman pohon. Terlebih, menurutnya, tanaman keras yang ditanam sangat bagus sebagai langkah mitigasi bencana.

“Dikarenakan kejadian banjir di Garut (bagian) selatan salah satu faktornya adalah air dari hulu tidak tersimpan, yang mengakibatkan air langsung meluncur ke hilir, dan menjadikan adanya bencana di hilir yang membuat kerugian sangat besar,” ujar Kalak BPBD Garut.

Lebih lanjut disampaikan Satria Budi, selain menjadi salah satu cara mitigasi bencana banjir, penanaman tanaman keras juga bisa membantu meminimalisir terjadinya bahaya longsor akibat lahan kritis dan tidak ada pepohonan.

“Di sisi lain dalam musim kemarau bisa terjadi kekeringan, karena air tidak tersimpan akibat tidak adanya pepohonan,” paparnya.

Ia berharap, geliat penanaman pohon ini juga bisa dilakukan di wilayah-wilayah lainnya di Kabupaten Garut dalam rangka meminimalisir atau pencegahan terjadinnya bencana alam. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru