Cegah Stunting, Dinkes Garut Launching Program Babycafe

FOKUS771 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Launching Babycafe Mabagert (Makanan Bergizi bagi Generasi Penerus Garut) Kabupaten Garut dilaksanakan di aula Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi, Kamis (4/11/2021). Kegiatan ini merupakan inovasi program Gizi dalam upaya penanganan dan pencegahan stunting secara langsung pada Balita (bawah usia lima tahun).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dengan dukungan Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi ini merupakan puncak kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis yang diawali dengan persiapan ditingkat Dinas Kesehatan, yang lanjutkan dengan kegiatan ditingkat Kabupaten. Dalam persiapan ini dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Sosialisasi tingkat Kabupaten Garut.

Kegiatan ini yang dihadiri oleh 20 Desa sasaran Lokus intervensi Stunting yang masuk dalam 8 wilatah kerja Kecamatan dan 9 UPT Puskesmas, Perwakilan Yim SATGAS Stunting Kabupaten serta beberapa OPD terkait. Dilanjutkan dengan pelatihan kader tentang pengelolaan Babycafe serta menu Gizi Seimbang bagi kader.

KASI Kesehatan Keluarga dan Gizi sekaligus Panitia Pelaksana Hj. Sri Prihatin,S.Tr.Keb, MMKes mengatakan Kegiatan selanjutnya virtual meeting ditingkat kabupaten dengan seluruh sector terkait, dengan maksud agar seluruh persiapan pelaksanaan babycafe dapat berjalan lancar serta berkesinambungan.

Dalam kegiatan ini dibagikan pula seluruh sarana Dapur Kit untuk 10 desa lokus Babycafe serta stimulant anggaran untuk 10 kali masak makanan bagi Balita. Sehingga harapanannya seluruh masyarakat, Pemerintah desa, para tokoh agama, tokoh masyarakat, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa dapat mendukung sehingga kegiatan dapat betul – betul membantu permasalahan gizi masyarakat khususnya dalam penanganan dan pencegahan stunting.

“ Maksud dan tujuan dari kegiatan Babycafe ini adalah intervensi Gizi pada Balita Stunting secara langsung. Sasaran babycafee sementara di fokuskan pada Balita usia 6 – 24 bulan. Dengan jadwal kegiatan selain memberikan makan pagi secara langsung pada sasaran juga memberikan edukasi gizi dan juga cooking class yang dilaksanakan oleh kader yang sudah terlatih,” ucapnya,

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. H.Tri Cahyo Nugroho menuturkan Dengan launching ini pula diharapkan menjadi moment untuk seluruh warga masyarakat dalam mendukung keberlangsungan Babycafe ini baik melalui anggaran dana Desa maupun penggalangan dana yang lain agar Babycafe ini dapat terus tumbuh berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat banyak khususnya bagi desa Dangdeur dan umumnya untuk 10 desa lokus Babycafee lainnya di Kabupaten Garut ini.

“ Dengan babycafe ini semoga menjadi salah satu upaya intervensi stunting yang diberikan langsung pada sasaran. dapat menjadi media gotongroyong masyarakat dalam memperhatikan status Gizi masyarakat serta mampu mencegah terjadinya stunting di tingkat Kabupaten Garut kedepannya,” pungkasnya. (Fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *