oleh

Kasi Promkes Dinkes Garut : Peran Saka Bakti Husada Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

HARIANGARUTNEWS.COM – Kemitraan antara Kwartir Nasional gerakan pramuka dengan Kementerian Kesehatan bermaksud mewujudkan tenaga kader pembangunan di bidang kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Hj. Heni Juliani. SST., M.Kes. saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khusunya Saka Bakti Husada tingkat Kabupaten Garut, Kamis (22/7/2021).

Kemitraan tersebut terang Heni, juga dapat membangun serta melembagakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi semua anggota gerakan pramuka dan Masyarakat di lingkungannya termasuk pengembangan cakupan dan peningkatan kualitas pembinaan dalam mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

 

Apalagi kata Heni, ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 38 Tahun 2019 bahwa program kegiatan yang ada di dalam Saka Bakti Husada memiliki enam Krida yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Mengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Bina Prilaku Hidup Bersih.

“Diharapkan bisa mengaplikasikan keilmuannya kepada seluruh anggota Saka Bakti Husada dan diterapkan untuk dirinya dan lingkungannya, terutama saat pandemic covid-19 saat ini,” ucapnya.

Dibeberkannya ada ratusan lebih kader dari mulai majelis pembimbing Saka Bakti Husada sampai kepengurusan tingkat bawahnya untuk mengakselerasi program kesehatan, karena krida yang ada di Husada sangat kompetabel dengan seluruh program Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Heni ingin mengembangkan upaya kesehatan masyarakat khususnya di keanggotaan pramuka, supaya menjadi agen-agen masyarakat dalam mempromosikan dan kampanye program kesehatan, terlebih pramuka itu berdiri atas dasar undang undang.

“Maka Saka Bakti Husada sangat penting dalam mensosialisasikan kesehatan sampai tingkat bawah dan jauh lebih penting mengadakan pembinaan, agar bisa membantu mengakselerasi program kesehatan dan jangka kedepan akan mengadakan pembinaan pelatihan di kepramukaan agar mempunyai skil yang spesifik sesuai keminatan mereka,” tandasnya.

Heni juga bersyukur akan hasil pembinaan itu menciptakan kader-kader Saka Bakti Husada yang berprestasi antara lain juara Olimpiade SBH Jabar ke- 1 Tahun 2018 : (Juara 1 Stand up komedi kesehatan, Juara 4 Lomba Vlog kesehatan, Juara 4 Poster kesehatan) serta Juara Peran Saka Jabar (Perkemahan antar Saka tingkat Jawa Barat) tahun 2018 : (Juara 1 Pembuatan sarana TPS, Juara 2 Penyuluhan kesehatan, Juara 4 Lomba Toga dan di kukuhkan sebagai Juara Umum Saka Bakti Husada Tingkat Jawa Barat juga mendapat apresiasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat sebagai Kabupaten/ Kota Terbaik Dengan Pembinaan Satuan Karya Bakti Husada dalam Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat HUT Saka Bakti Husada ke-36, 17 Juli 2021 yang lalu.

“Dan alhamdulilah barusan dapat berita baik dari Propinsi Jawa Barat, Kamis (22/72021) bahwa pangkalan SBH Banjarwangi sebagai Juara 3 Video Edukasi Pencegahan Covid-19 tingkat Propinsi dengan Tema Gerakan Bersama Lawan Corona ,” ungkapnya. (Menggala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru