oleh

Mandirikan Ekonomi Ummat, Global Wakaf ACT Garut Salurkan 50 Ekor Domba untuk Pondok Pesantren

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebelas hari jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut distribusikan 50 ekor Domba untuk Pondok Pesantren Al-Faruk di Kampung Kalapa Nunggal, Desa Simpangsari, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, Jum’at (09/07/2021).

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Faruq, KH Kusnandar sangat bersyukur atas pemberian 50 ekor Domba tersebut, karena bisa membuat santri-santrinya produktif dan mandiri.

“Alhamdulillah kami ucapkan Jazakumullah khairan Katsiron untuk Global Wakaf ACT dan para muwakif yang telah memberikan 50 ekor domba kepada pihak pesantren. Ini sangat bermanfaat bagi pihak pesantren karena aktivitas santri jadi lebih beragam tidak hanya mengaji tapi juga bisa mengurus domba, apalagi dengan adanya Wakaf domba di pesantren, insya Allah bisa memandirikan perekonomian di pesantren,” ucap Kusnandar.

Sementara itu, Tim Program ACT Garut, Acep Yahya Wijaya mengatakan, behwa tujuan pemberian hewan ternak Wakaf sebanyak 50 ekor ini adalah untuk memandirikan perekonomian pesantren dan mencukupi pangan yang sehat untuk santri.

“Berkolaborasi dan menggandeng pesantren sebagai basis peternakan, Wakaf Ternak Produktif insyaAllah akan memaksimalkan peran para santri sebagai sumber daya penggerak wakaf produktif ini. Pesantren dinilai menjadi lokasi paling cocok dalam peternakan domba, karena sebagian besar pesantren berada diperdesaan dengan tanah yang cukup luas. Hal ini juga dilakukan untuk pemberdayaan pesantren agar pesantren mampu mandiri dan memiliki usaha produktif,” tutur Acep.

Adapun tambah Acep, distribusi hewan domba ini merupakan lanjutan dari pendistribusian yang dilakukan semenjak bulan Pebruari 2021.

“Ada 10 pesantren yang terpilih mendapatkan hewan ternak Wakaf dari Global Wakaf ACT, yang tersebar diseluruh penjuru Kabupaten Garut, dan Ponpes Al-Faruq merupakan Pesantren ketujuh yang telah mendapatkan penyaluran hewan ternak. Adapun tiga pesantren lagi insya Allah akan dilakukan bertahap sesuai kesiapan kandang dari masing-masing Pesantren,” pungkas Acep. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru