oleh

Perkuat Kemitraan, Dinas Kominfo Garut Bahas Program dengan Para Wartawan

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar silaturahmi dengan wartawan media cetak, elektronik, dan online yang bertugas di wilayah setempat. Silaturahmi digelar di Aula Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kamis (08/04/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, H Muksis S Sos M Si, Kepala Bidang IKP Yeni Yunita SE M Si, Kasi Komunikasi Publik Tantan Herdiana SIP, Kasi Kemitraan Informasi Publik Yan Yan Agus Supianto, perwakilan dari lembaga media PWI, IJTI, PWRI JAYA, HIPWI, AMNI, HIPSI, FORWAGAS, MOI, IWO, PWG, KWRI, SWI dan lainnya.

“Kegiatan ini untuk memperkuat kemitraan dengan awak media. Ini penting membangun sinergi antara Pemkab Garut dengan insan pers. Kami berharap ada kerjasama yang baik dari teman-teman wartawan, terutama dalam menyampaikan informasi yang konstruktif”, kata Kepala Diskominfo Garut, Muksin, Kamis (08/04/2021).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, H Muksis S Sos M Si (Tengah), Kepala Bidang IKP Yeni Yunita SE M Si, Kasi Komunikasi Publik Tantan Herdiana SIP.

Muksin menuturkan, insan pers dapat membantu Diskominfo Garut, terutama untuk menghimpun informasi yang bermanfaat bagi pembangunan daerah. Ia juga berharap agar konten berita dari rekan pers lebih berkualitas demi membantu menyebarluaskan informasi tentang potensi-potensi yang ada di Kabupaten Garut.

“Sekarang eranya telah beralih ke digital. Demikian juga untuk media online, ini keniscayaan. Sehingga apabila teman-teman media sudah memenuhi persyaratan administrasi dan teknis, nanti kita akan akomodir. Kami berharap, rekan-rekan pers juga diminta untuk tetap mengedepankan pemberitaan yang balance tanpa mendiskreditkan pemerintah didalam tulisan Jurnalisnya,” tambah Muksin.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Yeni Yunita SE M Si, mengajak wartawan mengunakan fungsi kontrolnya untuk ikut mengkritisi serta memberi masukan atas kebijakan-kebijakan pemerintah guna kepentingan masyarakat. Media, kata Yeni, menjadi bagian penting dalam menyampaikan program pemerintah pada masyarakat.

“Hal ini menjadi pengalaman penting bagi kita bersama agar hubungan yang terjalin jauh lebih baik dengan keterlibatan para insan pers guna memberikan perspektif positif dalam setiap peliputan, semoga pertemuan ini membawa manfaat dan keberkahan. Selain merangkul para wartawan, silaturahmi yang digelar juga untuk mengumpulkan usulan dan ide dari para pewarta guna menyusun program kehumasan yang akan dijalankan Pemkab Garut,” tandas Yeni.

Sementara Ketua Holistik Insan dan Wartawan Indonesia (HIPWI) Kabupaten Garut, Deni Nugraha, menyambut baik langkah Diskominfo Garut dalam mempererat kerjasama dengan wartawan. Dinas Kominfo sebagai induknya para kuli tinta, pihaknya memberikan sejumlah masukan agar jalinan kerjasama Pemkab dengan wartawan lebih erat.

Ketua HIPWI mengusulkan agar Dinas Kominfo melengkapi aula Media Center dengan sarana komputer dan wifi serta fasilitas gedung Sekretariat Gabungan (Sekreb) untuk para jurnalis yang terdiri dari masing-masing lembaga media di Garut.

“Intinya kami siap membantu Diskominfo Garut dalam menjalankan tupoksinya. Kami juga berharap kerjasama yang baik dari Diskominfo, terutama fasilitas Sekber dan aksesibilitas untuk kepentingan liputan dan perkembangan isu strategis di Garut,” tandas Deni.

Senada dengan Ketua HIPWI, Sekretaris Pemersatu Wartawan Reformasi Indonesia (PWRI) Jaya, Igie N Rukmana S Kom menuturkan, dengan adanya Sekber nantinya akan dapat meningkatkan silaturahmi dengan para wartawan dan optimalisasi peran jurnalis dalam meningkatkan fungsi mereka. Khusunya, bagaimana menyajikan berita yang terbaik.

“Fungsi jurnalis itu, searah dengan kalangan dewan. Yakni, sama-sama melekat fungsi pengawasan. Semoga adanya Sekber nanti bisa menjadi syiar demi terwujudnya informasi yg positif menuju Garut Maju, Taqwa dan Sejahtera,” tandas Igie yang juga Pemred Harian Garut News. (Husni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru