oleh

Kepala Dinas Kesehatan Hadiri Deklarasi Desa ODF di Malangbong

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebanyak lima desa di Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut deklarasikan Open Defecation Free (ODF), pada Rabu (07/04/2021) dengan tema Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop-BABS) untuk Lingkungan yang Lebih Bersih dan Sehat, menuju Kabupaten Garut yang Bertakwa, Maju dan Sejahtra. Deklarasi dilaksanakan di gedung Ibnu Solah, Kampung Kamasan, Desa Sukarasa.

Dalam acara deklarasi, hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr Maskut Farid MM, Kasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Hj Istuti, Camat Malangbong RM Aliyudin, Kapolsek AKP Abusono, SH, Kepala Puskesmas Malangbong dr Asep dan Kepala Puskesmas Citeras, Cece Ahmad Jalari, Dinas Perhubungan, para kepala desa yang mendeklarasikan desa ODF, yakni Sukarasa. Cihaurkuning, Cisitu, Girimakmur dan Cilampuyang, Ketua dan anggota BPD, tokoh masyarakat dan para Kader Posyandu.

Usai acara, Kepala Dinas Kesehatan dr Maskut Farid MM, saat diwawancarai mengatakan, hal tersebut dilakukan sesuai dengan target Pemerintah Kabupaten Garut sebagaimana disampaikan oleh Bupati.

“Kami dari Dinas Kesehatan, dalam hal ini juga melaksanakan tugas pak Bupati. Kita ingin terus mendorong terkait ODF ini.

Di Malangbong, lanjut Maskut, luas wilayahnya cukup luas, keseluruhan ada 24 desa. Tapi, sambung Maskut, tentunya terkait deklarasi ODF ini, harus ada dukungan dari semus pihak terutama dukungan dari semua lapisan masyarakat.

Maskut menyebutkan, ODF dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) termasuk 5 Pilar, adalah hal mendasar dalam kesehatan. Masyarakat, kata Maskut, harus mematuhi dan sadar kebersihan lingkungan.

Sementara, Camat Malangbong, RM Aliyudin menyebutkan, menyampaikan rasa terimakasihnya, bahwa 5 dari 24 desa yang ada sudah bisa mendeklarasikan desa ODF. Ia berharap, para kepala desa dan warga masyarakat sadar dengan membiasakan diri berprilaku hidup bersih dan sehat. Tentunya, lanjut Camat, ketersediaan sarana prasarana harus diperhatikan sebaik mungkin.

Terpisah, Pjs Kepala Desa Sukarasa, Thoha Nugraha, bersyukur dan bangga kepada warga masyarakat dan stakeholder di desanya yang mendukung terhadap program. Karena, kata Thoha, tanpa dukungan masyarakat, semuanya tidak bisa dilaksanakan.

“Deklarasi ini bukan akhir, ini adalah awal perjuangan kedepan dan harus benar-benar dipertahankan, agar perilaku hidup bersih dan sehat itu terus berlangsung. Sehingga masyarakat itu dapat meningkat dalam kesehatanya,” papar Thoha. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru