oleh

Desa Cintaasih Cisurupan Garut, Terima Bantuan Program Air Bersih dari Kemensos RI

HARIANGARUTNEWS.COM – Untuk melayani ketersediaan kebutuhan air bersih masyarakat Desa Cintaasih, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) kucurkan program bantuan Pembangunan Pipanisasi Air Bersih. Sebagai tindak lanjut persiapan pelaksanaan perogram, pemerintah desa setempat, membentuk Forum Keserasian Sosial dengan nama “Saluyu”.

Mengawali kegiatannya, forum ini menggelar pertemuan Tematik Sarasehan Keserasian Sosial bertajuk “Harmoni dalam keberagaman untuk mewujudkan masyarakat aman, damai dan sejahtera”, di Aula Desa Cintaasih, Kecamatan Cisurupan, pada Rabu (16/09).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Sosial Korban Bencana Provinsi Jawa Barat, Drs Achwan Gumilar MM, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial, (Kabid Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Garut Dra Hj Yanti Sugiharti M Si, Forkopimcam Cisurupan, Kepala Desa Cintaasih, Asep Rahmat Hidayat, Pendamping Forum Keserasian Sosial Tian Sutian, S IP, Ketua Forum Keserasian “Saluyu”, Asep Saepudin, S Pd beserta seluruh pengurus dan anggota.

Camat Cisurupan Odik Sodikin S Sos M Si, dalam sambutannya berpesan, untuk kesuksesan program, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Karena, kata Odik, air merupakan kebutuhan pokok.

Peninjauan Sumber Air

“Saya titip agar dalam pelaksanaan program ini harus ada swadaya dari masyarakat, agar kegiatan yang dilaksanakan bisa menyebar luas ke wilayah-wilayah yang belum tersedia air bersih. Desa Cintaasih merupakan pilot project dari program pipanisasi ini. Mudah-mudahan menjadi contoh bagi wilayah disekitarnya,” ujar Odik.

Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Garut, Dra Hj Yanti Sugiharti M Si, mewakili tim Kemensos RI, dalam sambutannya menyampaikan amanatnya kepada pengurus Forum Keserasian Sosial Saluyu, bahwa dengan adanya bantuan tersebut, ini bisa lebih meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat, dimana kebutuhan air merupakan kebutuhan sangat vital untuk saat ini.

“Semoga, kahirupan menuju kahuripan, ini kata kuncinya,” ucap Yanti.

Bantuan ini, lanjut Yanti, merupakan stimulan. Ia berharap semua lapisan masyarakat dapat menambah volume kaitan dengan sarana perpipaan. Kedepan, sambung Yanti, masyarakat juga bisa mengembangkan potensi yang ada untuk bekerjasama dengan pihak Kementrian dan Dinas Sosial.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Cintaasih Asep Rahmat Hidayat, dalam sambutannya mengungkapkan keprihatinan dalam menghadapi masalah sosial diwilayahnya, salah satunya permasalahan air bersih dan penyalurannya.

“Alhamdulillah sekarang bisa teratasi dengan adanya sumber mata air yang sudah menjadi milik desa dan bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat di wilayah Desa Cintaasih. Kami titip kepada pengurus dan anggota Forum Keserasian Saluyu agar menjaga dan merawat sumber mata air tersebut,” tutur Kades.

Terpisah, Ketua Forum Keserasian Saluyu, Asep Saepudin S Pd, sangat bersyukur dengan program yang dikucurkan. Mewakili masyarakat Desa Cintaasih, Asep mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah dalam hal ini Kemensos RI serta Dinas Sosial Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal bagi kami Forum Keserasian Sosial Saluyu, untuk bisa menjalankan amanah serta melaksanakan apa yang sudah menjadi tugas dan fungsi kami,” kata Asep Saepudin. (Ricky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru