oleh

Melalui Kades Ciela, Dinsos Garut Salurkan Bantuan kepada Warga Terkena Musibah Kebakaran

HARIANGARUTNEWS.COM – Pasca musibah kebakaran rumah warga Kampung Ciela Tonggoh RT 03/05, Desa Ciela, Kecamatan Bayongbong. Dinas Sosial Kabupaten Garut, berkunjung tinjau lokasi dan berikan bantuan kepada keluarga korban, pada Minggu (31/05). Hadir saat pemberian bantuan, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Garut, Dra Hj Yanti Sugiharti M Si, Kepala Desa Ciela dan anggota BPD.

Kepala Desa (Kades) Ciela, Ade Sapari menuturkan, kehadirannya dilokasi sebagai bentuk tanggung jawab selaku Kepala Desa kepada warganya. Kades juga menyampaikan keprihatinannya terhadap warga tersebut.

“Untuk penanganan sementara sekarang ini keluarga korban tinggal dirumah keluarganya. Adapun bantuan dari Dinsos berupa Peralatan dapur keluarga, beras 5 kg, pop mie 1 dus, peralatan mandi, minyak sayur, Sarden, dan terpal,” ujar Kades Ciela.

Dikatakan Ade Sapari, rumah tersebut milik Ade (54) warga setempat. Kronologis kejadian diperkirakan pada pukul 15:30 WIB, pemilik rumah sedang ada diluar kota, sementara di dalam rumah tinggal anaknya yang bernama Anwar (27).

“Korban sempat dilarikan ke Puskesmas untuk perawatan, namun takdir berkata lain, kabar duka tadi pukul 14.00 WIB korban meninggal dunia. Menurut keterangan dari Puskesmas, sementara hasil diagnosa pihak korban disebabkan karena keracunan asap dari bahan yang terbakar dimana asap tersebut masuk ke jantung dan paru paru,” ujar Kades Ade.

Dijelaskan Kades Ade, saat kejadian kebakaran, korban diperkirakan sedang tidur, awalnya masih dapat menyelamatkan diri dan langsung dilarikan ke Puskesmas, tidak ada luka bakar hanya mengalami shock dan sesak napas, namun akhirnya meninggal dunia.

“Kondisi rumah yang terbakar habis tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Dugaan sementara kebakaran diakibatkan karena konsleting listrik atau dari tungku. Alhamdulillah hasil koordinasi dengan pihak kecamatan tadi keluarga korban sudah menerima bantuan dari Dinas Sosial,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut melalui Kabid Linjamsos Yanti Sugiharti mengatakan, bantuan yang diserahkan dari Pemkab Garut merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah, mudah-mudahan bisa meringankan beban warga yang tertimpa musibah tersebut, ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya juga berharap semua bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Sementara itu, hingga saat ini Dinsos setempat juga masih terus berupaya untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya terhadap masyarakat yang tertimpa musibah bencana.

“Kita akan terus berupaya, sehingga saat terjadi musibah baik kebakaran maupun bencana alam lainnya kita bisa secepatnya menyalurkan bantuan yang memang dibutuhkan warga,” tutup Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut. (TN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru