oleh

Baznas Garut Terus Gencar Kerahkan Tim Tanggap Bencana Cegah Penyebab Corona

HARIANGARUTNEWS.COM – Melalui Program Garut Peduli, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Garut, kembali menggerakan tim Baznas Tanggap Bencana untuk melakukan giat penyemprotan desinfektan di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Dengan menggandeng Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sektor Cibatu, Baznas Kabupaten Garut menggelar Bhakti Sosial dengan melaksanaan kegiatan penyemprotan desinfektan di beberapa titik di diantaranya di sekolah-sekolah, masjid, dan area titik keramaian lainya di wilayah Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu hingga kondisi normal kembali.

Dalam upaya pencegahan yang dilakukan ini, terlibat langsung Tim Baznas Kabupaten Garut, Sekmat Cibatu Agus Koswara S Sos, Kapolsek Cibatu AKP Dudi Tisna Irawan S Sos, Babinsa 1105 Cibatu Sertu Deni S, Perangkat Desa Mekarsari, dan Ketua Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu, Dede A Ferdinan dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Desa Mekarsari. Tim yang turun juga dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) yang standar guna menjaga keamanan para relawan dalam menjalankan tugasnya.

“Alhamdulillah, beberapa hari terakhir ini kami dari Baznas Garut sudah melakukan penyemprotan desinfektran di beberapa kecamatan sebagai tahap pertama aksi kita dalam pencegahan virus Covid-19. Kami juga telah membagikan Handsanitizer kepada warga, juga dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona melalui sentuhan tangan. selanjutnya upaya pencegahan ini masih akan terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat Garut,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih S Ag M Si, Kamis (26/03).

Ketua RT yang juga pengurus Pokdar Kamtibmas di Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu sedang melakukan penyemprotan desinfektan.

Gencarnya aksi penyemprotan, lanjut Aas, karena desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Terdapat berbagai jenis desinfektan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah desinfektan yang digunakan untuk membersihkan ruangan, tuturnya.

“Penyebaran infeksi Covid-19 dapat dikurangin dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan. Hal ini menunjukkan pembersihan menggunakan cairan desinfektan secara rutin cukup efektif untuk menekan penyebaran infeksi Covid-19. Mari cegah penyebarannya dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga yang cukup, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, memakai masker jika keluar rumah dan jaga kebersihan lingkungannya,” pungkas Aas Kosasih. (Gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Berita Terbaru