oleh

Ribuan Anggota IPSI Hadiri Silaturahmi Pendekar Garut dengan Kodim 0611

HARIANGARUTNEWS.COM – Pencak silat merupakan pusaka leluhur dan bagian yang tidak terpisahkan dari kekuatan kehidupan bangsa Indonesia, yang di dalamnya memiliki aspek mental spiritual, beladiri, seni, dan olahraga. Pencak silat tentunya telah menjadi bagian budaya bangsa dan sebagai bagian integral dari ketahanan nasional Indonesia.

Terkait itu, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kabupaten Garut bekerjasama dengan Kodim 0611/ Garut menggelar silaturahmi Pendekar se-kabupaten di Sarana Olagraga (SOR) beladiri Ciateul, Rabu (26/2) kemarin.

Prosesi acara berlangsung dengan khidmat, sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr. (Han) dan sebagai Komandan Upacara Batih Ops Kodim 0611/Garut Peltu Maman yang juga sebagai panitia pelaksana, dihadiri kurang lebih 1.725 orang anggota dan pengurus IPSI Kabupaten Garut.

Hadir dalam kegiatan Danrem 062/TN diwakili Pasi Komsos Mayor Inf Endang, Bupati Garut diwakili Kadispora Drs. Kuswendi M. Si, Kapolres diwakili Kabag ops Kompol Apri Rahman S.E, Dandenpom III/2 Garut diwakili Kapten Cpm Teguh Nurfianto, Kapenrem 062/TN Mayor Inf Aat Supriatna, Dandenbekang Letkol Cba Henhen Suhendi, Dandenhub Letkol Chb Rahmat Supena, Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto S.E, Para Danramil, Danki 4 Yon A Pelopor Brimob Iptu R Hasan Sadikin, Kajari Sugeng Hariadi SH, MH, Kakesbangpol diwakili Sekbangpol Engkus Kusmayadi, Ketua KONI Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M. Eng, Ketua IPSI Adis, para Ketua Paguron Pencak Silat se-Kab. Garut.

Abah Enjang Jr, pengurus IPSI dari divisi  Pelatih Kab. Garut yang juga pembina di Paguron Pusaka Putra Budi Asih ini, menjelaskan Pencak Silat telah mendapat pengakuan dari PBB sebagai warisan budaya dunia kategori warisan Tak Benda. Acara ini diselenggarakan atas prakarsa dari IPSI Garut bersama Kodim, tujuannya tidak lain guna menciptakan keragaman menjadi pemersatu bela bangsa dalam rangka melestarikam pencak silat. Sebanyak 149 perguruan silat yang dibawah binaan IPSI kab. Garut.

“Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dandim dan Koramil  atas kerjasama dan apresiasinya sehingga acara apel akbar ini berjalan lancar dan sukses. Juga kepada seluruh tamu yang menghadiri acara silaturahmi ini, seperti yang diharapkan Bapak Damdim agar masyarakat Garut khususnya bisa lebih mencintai budaya silat karena ini milik kita sendiri. Silat Sholat Silhaturmi Jadi Jati Diri Nyatria Nyantri, IPSI Garut Tetap Jaya”. Ujar Abah Enjar Jr. (Bulan)**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru