oleh

Pemkab Garut Raih Role Model Pelayanan Publik Dari Menpan RB

banner 300250
HARIANGARUTNEWS.COM – Kabupaten Garut kembali raih penghargaan pelayanan publik sangat baik dari Pemerintah Pusat dan diterima langsung oleh Bupati Garut. Penghargaan ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) Republik Indonesia. Selain itu Bupati Garut juga menerima Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik atas Raihan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu sebagai Role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Publik “Sangat Baik” Tahun 2019. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH MP, Kamis (7/11), di Hotel Aston Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
Diketahui selain Kabupaten Garut, penghargaan yang sama diraih Kabupaten dan Kota diwilayah Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Karawang, Tangerang, dan tiga kota lainnya, yaitu Kota. Bekasi, Bogor dan Kota Bandung.
Dengan tujuan evaluasi pelayanan publik, Kemen PAN RB dalam setiap tahunnya menyerahkan hasil evaluasi terhadap unit pelayanan publik di daerah dan instansi pusat. Hal ini untuk memastikan masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan tidak terjebak dalam alur birokrasi yang panjang. Pemangkasan alur birokrasi itu pula menjadi salah satu prioritas utama Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo.
Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam penyelenggaraan pelayanan publik ada peranan penting dari Kepala Daerah dan Sekretaris Daerah sebagai pembina dan penanggungjawab, motor penggerak terciptanya terobosan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk itu, perlu secara intensif membangun komunikasi dan kolaborasi yang efektif dengan unit-unit pelayanan untuk mewujudkan pelayanan prima.
Sebagai wujud dan kepanjangan tangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dituntut harus siap dengan segala perubahan, Pemda harus mampu dan terus menciptakan inovasi dalam hal pelayanan publik. pemda juga harus menyuguhkan pelayanan publik yang menjawab kebutuhan masyarakat.
“Pemda harus menonjol, punya inovasi untuk membumikan pelayanan publik serta memberikan investasi yang mudah,” pungkas Menteri Tjahjo. (Hidayat)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Berita Terbaru