oleh

Garut Siap Makalangan Pasanggiri Damas XXII 2019 Di Cianjur

HARIANGARUTNEWS.COM – Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran paling bergengsi yang secara rutin dilaksanakan, adalah pasanggiri Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS). Yang mana para juara atau para pinunjul dalam pasanggiri ini sangat dikenal dan populer dikalangan para seniman se-Jawa Barat. Bagaimana tidak, karena setiap pelaksanaannya selalu dilaksanakan di hotel berbintang dan selalu dihadiri oleh para tokoh dan sesepuh sesepuh Jawa Barat.

Dalam acara tersebut, para penembang dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, kini sudah ancang-ancang untuk kembali mengukir prestasi di ajang bergensi di Jawa Barat tersebut. Beberapa penembang diantaranya yang telah mengukir prestasi seni, seperti Alm. Kang Barman Sachyana, Ceu Ida Widawati, Kang Asep Kosasih, Kang Heri supriyanto, Kang Nyanyang, Kang Rahmat, Kang Jajat dan Neng Fenti.

Seiring berjalannya waktu, para panembang mudapun kini mulai bermunculan dan berlatih. Soalnya, dalam system rekruitmennya tidak seperti merekrut penyanyi pop, penyanyi dangdut yang begitu semarak dan mudah untuk belajar. Terutama dalam audensinya. Tembang sunda para panembangnya perlu diawali dengan sebuah hoby dan keinginan yang lebih serta memiliki tanggung jawab dan konsekwensi melestarikan (Ngamumule, Ngaraksa, Ngariksa Jeung Miara Kesenian Sunda), karena tembang sunda merupakan jenis kesenian yang clasik dan eklusif yang mempunyai nilai tersendiri.

Kendati demikian GPTS (Gempungan Panembang Tembang Sunda) Garut yang sesepuhnya, Raden Erwin, dibantu oleh para pengurus yang lain, terus berupaya, berusaha mencari bibit baru dalam dunia tembang. ” Alhamdulillah kali ini Garut akan mengirimkan panembang- panembang muda yang sudah dan sering berprestasi,” ujar Motivator Pendorong, sekaligis official, Anting Irawan, Minggu (29/9/2019) malam.

Dikatan Anting Irawan, sebanyak enam orang penembang sunda akan berlaga yang akan dilaksanakan pada 31 Oktober sampai dengan 3 Nopember 2019 di Cipanas Cianjur. Keenam orang tersebut diantaranya, Gilang Angga Gumelar, Taufikulrohman, Rana, Ilham, Puji dan Reka. Mereka adalah panembang muda yang sangat potensial. ” Dalam ajang pasanggiri ini, Garut sangat Optimis untuk menjadi juara umum. Katanya.

Anting berharap, dukungan serta doa restu dari semua pihak terutama dari Pemkab serta masyarakat Garut. Karena kegiatan ini berlangsung 3 tahun sekali. ” Kami membutuhkan dorongan doa dan suport, termasuk bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Garut. Dengan dukungan penuh dari Bapak Bupati dan Pemkab Garut, maka akan menambah semangat mengikuti ajang bergensi yang akan mengangkat Kabupaten Garut dalam bidang seni tembang sunda,” cetusnya. (Tresiyana)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru