Wabup Garut, Makam Syekh Jafar Sidiq Tempat Wisata Religi

FOKUS, SEPUTAR GARUT8,119 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Garut pada sektor wisata, ini yang tengah dilakukan Pemerintah Daerah, pembenahan dilakukan pada wisata alam yang ada di Garut, yang akan menjadi penyumbang PAD. Namun tak hanya itu, sektor wisata religi juga akan terus digali untuk dijadikan sumber PAD dan pendapatan juga bagi masyarakat. Hal ini yang diungkapkan Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman.

“Wisata religi bisa menambah PAD Kabupaten Garut selain wisata alam,” ujar Wakil Bupati, Minggu (08/09).

Dipaparkan Helmi, di Kabupaten Garut, salah satunya di Kecamatan Cibiuk, disana ada tempat ziarah makam syekh Jafar Sidiq Sunan Haruman, serta terdapat sebuah mesjid yang tiang pancangnya dari kayu jati yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Dan ada juga beberapa lokasi lainnya yang harus dibenahi untuk wisata religi ini.

“Usia mesjidnya sudah ratusan tahun dan memiliki cerita. Serta banyak yang berziarah yang bermalam dengan menyewa rumah-rumah warga yang tidak jauh dari tempat ziarah,” papar Helmi.

Penataan tempat ziarah dilakukan, kata Helmi, wisata religi di Kabupaten Garut agar memiliki daya tarik para pengunjung, maka harus dibuat penataan yang agak berbeda. Dilokasi dibuat penataan taman buah-buahan, sehingga pengunjung yang datang, selain ziarah, juga bisa merasakan suasana wisata.

“Pemkab Garut akan menyiapkan lahannya dengan Dinas Pertanian. Hanya saja saat ini masih terkendala belum adanya jawaban dari pihak Perhutani, soalnya ada lahan milik perhutani yang akan kita tanami bibit buah-buahan. Kalau bibitnya kita sudah ada tinggal menunggu saja dari perhutani,” ucapnya.

Dengan memiliki tempat parkir yang luas dan memadai, tidak seperti sebelumnya lahannya sangat sempit. Sehingga banyak para penziarah yang kesulitan untuk menyimpan kendaraan.

“Kalau sabtu dan minggu lokasi tersebut sekarang sudah banyak yang mengunjungi apalagi sekarang lahan parkirnya sudah luas,” katanya.

Wabup mengaku, Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, akan menggelontorkan anggaran guna penataan lokasi. Rencananya akan dibangun sebuah ornamen yang ada tulisannya “Wisata Religi Cibiuk” atau kalau untuk nama akan disesuaikan dengan keinginan masyarakat setempat.

“Untuk sekarang ini belum ada ornamen kalau lokasi tersebut tempat wisata religi. Nantinya akan membantu meningkatkan sektor perekonomian,” jelas Wabup.

Dijelaskan Helmi, dengan adanya tempat wisata religi di Kecamatan Cibiuk, nantinya akan menjadi salah satu kecamatan yang berkembang dalam segala bidang. Nantinya Kecamatan Cibiuk bisa bersaing dengan lainnya, karena saat ini Kecamatan Cibiuk sangat jauh bisa berkembang dibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di Garut.

“Saat ini sudah banyak rumah-rumah milik warga yang kerap di sewa oleh para penziarah. Selain menyewakan rumah nantinya mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari jualan makanan. Di Cibiuk juga terdapat sebuah restauran yang terkenal dengan sambal Cibiuknya pula. Sambal khas tersebut akan menjadi salah satu makanan khas nantinya,” akunya.

Reporter    : (Firman)***

Editor        : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *