oleh

Karang Taruna Desa Karyamukti Garut, Lounching Kopi Kampung Dukuh

HARIANGARUTNEWS.COM – Kota Garut selain terkenal dengan ciri khasa Domba Garut, Dodol Garut, kini yang saat ini sedang terkenal hingga mancanegara dengan keunggulan kopi. Salahsatunya, Kopi Dukuh yang berada di Kecamatan Cibatu.

Kopi Kampung Dukuh, merupakan salah satu kopi olahan warga setempat dan kualitasnya sangat bagus dan pantas dilirik oleh pengusaha luar dari Jawa Barat.

Kopi Kampung Dukuh, sudah di lounching pada Sabtu (24/8/2019) malam bertempat di Aula Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, yang digagas oleh Karang taruna Desa setempat.

Acara launching Kopi Kampung Dukuh, ini di hadiri kepala desa Karyamukti, Widya Heru SE. Perangkat Desa, Ketua Rw setempat dan Ketua Karang taruna, Rusly Muhamad Ramdan, S.Pd.

Kepala Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Widya Heru, mengatakan, saat ini ada beberapa varian kopi yang sedang di olah oleh masyarakat dan karang taruna. Yang mana kopi kampung dukuh memiliki kualitas yang sangat bagus.

“Kini kopi kampung dukuh hadir dan sudah siap di pasarkan. Ada dua jenis kopi yang di produksi, diantaranya jenis robusta dan arabika” ujar Heru, Minggu (25/8/2019)

Dikatakan Heru, pengolahan kopi kampung dukuh, bentuk usaha mandiri karang taruna Desa Karyamukti, untuk kesejahteraan organisasi karang taruna. “Saya pun menawarkan kepada anggota karang taruna tidak hanya usaha kopi ini saja . Kalau ada yang bisa membuat sablon boleh . Mie bakso boleh dan yang lain nya . Untuk kegiatan usaha karang taruna. Ujarnya.

Heru mengaku, untuk memperlebar usaha kopi, pihaknya akan menggelontorkan anggaran melalui Dana Desa (DD). Hal ini agar karang taruna bisa semangat untuk menjalankan usahanya serta bisa meningkatkan perekonomian.

“Saya tidak segan segan akan saya keluarkan anggaran desa. Asalkan semangat Kalau karangtaruna semangat saya juga semangat,” ucapnya

Selain priduksi kopi yang bisa menjadi PAD Desa, di Desa Karyamukti juga memiliki destinasi wiasata alam, yakni Silayungpark. Disana bisa di buka kedai kopi.

“Semoga ada nya lauching kopi ini oleh karang taruna desa karyamukti semoga maju di usaha karangtaruna ini . Silahkan untuk anggota karang taruna yang lain nya apabila ingin mengembang selain kopi saya akan anggarkan untuk apapun asalkan yang benar,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Karang Taruna Desa Karyamukti, Rusly Muhamad Ramdan, S.Pd, mengatakan, terimakasih kepada bapak Kepala Desa, tokoh masyarakat, ketua rw dan rt yang hadir di acara lounching ini . “Semoga usaha ini terus berkembang dan semakin besar. Apalagi kopi dukuh pasarnya ini sudah keluar pulau Jawa Barat. Mari kita lebih besarkan menggali pontensi alam yang ada di wilayah Kabupaten Garut,” pungkasnya.

Reporter  : (Daus)***

Editor      : Firdaus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru