oleh

Bagunan Ruang Pameran Domba dan Jeruk Garut Hadir Di Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Pembangunan sejumlah bangunan yang berada tepat di kaki Gunung Guntur, Kampung PLP, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, di desain khusus untuk miniatur pintu gerbang masuknya ke lokasi wisata pendakian Gunung Guntur. Bukan untuk bangunan tempat wisata yang akan berdampak mahalanya biaya masuk Gunung Guntur.

Terlihat para pekerja tengah melakukan pembangunan beberapa gazebo, serta taman parkir. Bangunan tersebut milik salah seorang warga asal setempat yakni Riki Muhamad Sidik.

“Bukan tempat wisata yang kami bangun, melainkan bangunan untuk pengenalan product asal Garut, misalnya domba Garut serta vila untuk para tamu yang datang ke Garut. Semuanya itu tidak akan menjadi lahan komersil,” ujar Riki, Senin (29/7/2019).

Dikatakannya, dengan di bangunnya berbagai bangunan seperti vila dan gazebo, termasuk lahan parkir nantinya akan ikut memoperdayakan masyarakat setempat dalam membuka usaha kecil.

“Kita akan perlihatkan domba-domba unggulan Garut, wisatawan nantinya bisa mengetahui secara langsung. Hanya untuk kepentingan pribadi bukan untuk membuka wisata kecil,” katanya.

Riki juga menuturkan, selama ini Garut terkenal dengan Domba Garut, namun untuk menemukan keberadaan domba garut sangat sulit, sehingga dirinya mempasilitasi dengan menyediakan tempat untuk memamerkannya.

“Vila nantinya untuk kebutuhan keluarga tidak akan di sewakan pada pihak lain. Kita hanya menjadikan tempat berkumpul keluarga serta untuk tamu keluarga yang datang ke Garut,” cetusnya.

Ia juga mengaku, sejak ditutupnya tambang pasir di kawasn kaki gunung guntur, semua usaha masyarakat setempat mati. Dengan adanya bangunan mudah-mudahan bisa membantu dalam meringankan masyarakat setempat dalam mendapatkan penghasilan.

“Saya tau kalau untuk wisata tentunya harus menempuh perizinan, tetapi kan ini tujuannya bukan untuk tempat wisata. Hanya untuk memperlihatkan product unggulan Garut, salah satunya domba Garut,”

Selain akan menjadi ruang pameran domba garut, nanti juga akan ada tanaman jeruk Garut yang merupakan salah satu product buah-buahan Garut yang sudah terkenal. “Product jeruk Garut menjadi salah satu yang akan kita kenalkan selain domba garut. pungkasnya. (DAUS)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru