Wujudkan Gerakan Ketahanan Pangan, Korem 062 Tarumanegara Jadikan Lahan 12,5 Hektar Model Pertanian yang Efisien dan Inklusif

FOKUS1,336 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Danrem 062 Tarumanagara, Kolonel Arh Rudi Ragil. SP, S.Sos., M.Si, diwakili Kepala Staf Korem 062 Tarumanegara, Letkol Inf. Hamzah Budi Susanto, S.E,.M.I.P menyampaikan, salah satu tanah seluas 12,5 hektar milik TNI AD akan dijadikan perkebunan, peternakan serta perikanan tepatnya di Kampung Mangkabumi, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

“Lahan ini memiliki luas 12,5 hektar dimana dua hektar sudah digunakan oleh masyarakat, ditempati untuk Sekolah Dasar dan lapangan sepak bola, rencananya ini akan digunakan sebagai perkebunan, perikanan maupun peternakan yang terintegrasi. Ketahanan pangan itu sendiri merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya yaitu aman, merata dan terjangkau,” ungkap Hamzah.

Ia juga menuturkan bahwa tanah ini sudah mulai melaksanakan pekerjaan yaitu pembukaan lahan (Land Clearing) untuk menanam bibit pisang. Hamzah berharap, ini dapat menjadi model pertanian modern yang efisien, inklusif, dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani serta ketersediaan pangan bagi masyarakat.

“Saat ini kita sudah mulai melaksanakan pekerjaan yaitu Land clearing untuk menanam bibit pisang cavandish luasnya sekitar 5 hektar. Rencananya sisa dari lahan itu juga akan digunakan sebagai perkebunan singkong dan jagung, peternakan akan disiapkan dilahan ini juga yaitu peternakan domba Garut, sapi dan perikanan,” Tuturnya

Hamzah juga berharap bahwa lahan ini bisa digunakan dan dimanfaatkan serta untuk mengembangkan pertanian maupun peternakan yang tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita punya harapan besar bahwa lahan ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menjadi lahan percontohan atau demonstration ploting. Sehingga masyarakat bisa belajar ditempat ini untuk mengembangkan pertanian maupun peternakan yang tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan harapan kita dapat menciptakan ketahanan pangan di wilayah Korem 062 Tarumanegara,” pungkasnya. (Salwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *