Butuh Layanan Adminduk, Ratusan Warga Desa Cintarakyat Samarang Garut Padati Kantor Desa

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), laksanakan kegiatan jemput bola pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk), di Desa Cintarakyat Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, pada Kamis (16/05/2024).

Tampak puluhan warga masyarakat desa setempat, padati kantor desa untuk mengurus pembuatan data kependudukan yang serentak dilaksanakan Disdukcapil Kabupaten Garut dalam program jemput bola layanan Adminduk.

Sekretaris Desa Cintarakyat, Paat Supriatna saat diwawancarai awak media memaparkan, dalam rangka penertiban adminduk, Disdukcapil Garut terus melakukan program jemput bola layanan adminduk meliputi beberapa pelayanan diantaranya pembuatan dan perbaikan KTP, pembuatan dan perbaikan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA)

“Khusus untuk warga yang mengajukan permohonan pembuatan Akta Kelahiran harus mempersiapkan foto copy KTP kedua orang tua, KK, poto copy surat nikah, dan apabila pasangan suami istri yang belum memiliki atau surat nikahnya hilang, maka ada kelonggaran sehingga diterbitkan Surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran sebagai pasangan suami istri yang ditandatangani oleh pemohon diatas materai dan ditandatangani kedua saksi saksi satu yaitu Kepala Desa,” papar Paat.

Lebih lanjut disampaikan Paat, untuk pelaksanaan pelayanan jemput bola dari Disdukcapil Kabupaten Garut saat ini tidak dibatasi quotanya.

“Tadi dibuka sekitar pukul 08.00, sampai 17.00.Wib. semoga hari ini bisa terkaper sebanyak mungkin, harapannya semoga program ini berdampak positif bagi warga masyarakat,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cintarakyat, Hendra Gumilar SH, merasa bersyukur dan ucapan terima kasih atas respon cepat Disdukcapil Garut dengan permohonan layanan jemput bola adminduk untuk warganya.

“Alhamdulilah respon cepat Disdukcapil menanggapi permohonan kami, dengan dasar surat yang dilanyangkan perbaikan data, dikarenakan di lingkungan Pemerintahan Desa Cintarakyat ada penambahan RW dan RT,” jelasnya.

Hendra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disdukcapil Garut dengan telah dilaksanakannya pelayanan tersebut. Sedikitnya, 300 lebih warganya bisa terlayani. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *