Tingkatkan Daya Saing dan Pendapatan Keluarga, DKP Garut Gelar Workshop Gerakan Olahan Pangan Lokal

FOKUS591 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut, luncurkan berbagai program kegiatan dalam rangka membangun pangan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan ketahanan pangan di masyarakat.

Kali ini DKP Kabupaten Garut, menyelenggarakan Workshop Gerakan Olahan Pangan Lokal dalam rangka Diversifikasi Pangan di Kecamatan Balubur (Bl) Limbangan, pada Jum’at (26/05/2023).

Acara tersebut diikuti oleh 50 orang Tim Penggerak (TP) PKK desa, kelompok pengolah pangan, dan KWT dari 14 desa di wilayah Kecamatan Limbangan.

Kepala DKP Kabupaten Garut, melalui Sekretaris DKP, Yani Yuliani, SP, MP, menyampaikan arahan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa memotivasi para kelompok pelaku olahan pangan seperti KWT maupun kader-kader pangan.

“Tujuan dari kegiatan ini, agar peserta senantiasa berinovasi dalam mengembangkan olahan pangan, sehingga bisa meningkatkan daya saing dan mendongkrak pendapatan keluarga. Dimana para peserta dibekali praktek penganekaragaman olahan pangan dengan bahan baku singkong sebagai komoditi unggulan di Kecamatan Limbangan,” papar Yani.

Yani menjelaskan, praktek untuk para peserta dipandu langsung oleh Indonesian Chef Association (ICA ) Kabupaten Garut yang merupakan mitra kerja DKP dalam berinovasi mengembangkan olahan pangan lokal.

Ditambahkannya, untuk selanjutnya di bulan Mei 2023, kegiatan akan dilaksanakan juga di Kecamatan Cilawu, pada tanggal 29 Mei 2023 dan Kecamatan Pamulihan tanggal 30 Mei 2023.

“Ini sebagai bentuk tanggungjawab Pemda Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan, dalam mewujudkan Diversifikasi Pangan Lokal di Kabupaten Garut,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *