Perkuat Silaturahmi, Alumni Ponpes Al-Falah Banjarwangi Garut Gelar Halal Bi Halal

SEPUTAR GARUT738 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Seperti halnya Alumni Pondok Pesantren Al-Falah yang menggelar Acara Halal Bihalal di Kampung Tegal Bungur, Desa Jaya Bakti, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Minggu (23/04/2023). Hadir dalam kegiatan tersebut sesepuh Ponpes Al-Falah yakni KH Anom Wardi.

Ketua Panitia Pelaksana Acara Wawan Apek mengatakan, tradisi halal bihalal menjadi kegiatan tahunan Alumni Ponpes Al-Falah selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan juga sungkeman kepada para guru. Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Arab, namun kata Wawan, tradisi ini disebut lahir dari masyarakat Indonesia sendiri.

“Sudah menjadi kebiasaan kalau pasca lebaran kita gelar acara halal bihalal. Apalagi setelah dua tahun kita tidak laksanakan secara langsung sehubungan dengan pandemi Covid-19. Yang kita harapkan mudah-mudahan dengan diselenggarakan halal bihalal ini, hikmah ketika kita silaturahmi perekonomian yang ada di keluarga besar Al-Falah, keluarga besar para alumni, ataupun diri sendiri, dalam hal ekonomi-nya bisa semakin naik, semakin sukses,” kata Wawan kepada hariangarutnews.com.

Wawan menuturkan, terlihat antusias para alumni hadir di Halal bihalal kali ini. Karena selama pandemi, imbuh Ia, ini adalah kegiatan tatap muka pertama kalinya dengan jumlah peserta terbanyak yang hadir dalam kegiatan ini dengan melibatkan 800 orang.

“Alhamdullillah dengan bantuan, dorongan, nasehat, arahan, tenaga, pikiran, dan juga pendanaan yang berbentuk materi dari para alumni dan donator, acara halal bihalal ini bisa terlaksanakan di tahun ini. Selama pandemi pertemuan kita sempat terhenti, namun kali ini terasa berbeda karena kita bertemu secara langsung, semoga ini menjadi suntikan semangat untuk berfastabiqul khoirat,” ungkap Wawan Apek.

Sementara sesepuh Ponpes Al-Falah, KH Anom Wardi mengungkapkan, rasa bangga dan terharu karena para pimpinan, keluarga, dan para alumni Pondok Pesantren Al-Falah bisa berkumpul dan bersilaturahmi di acara halal bihalal tersebut.

Ketua Pelaksana, Wawan Apek.

“Di hari ini dengan suasana yang penuh nuansa ukhuwah, betapa kentalnya ikatan kekeluargaan yang berada di sini. Apalagi muncul redaksi keluarga besar. Kita semua kasajadil wahid kumpul disini menjadi satu kesatuan dijadikan hamba-hamba Allah yang senantiasa dicintai oleh-Nya,” ungkap KH Anom. (Jajang Empeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *