Pemerintah Desa Tanjungjaya Banjarwangi Garut Gencar Sukseskan Program Melani

SEPUTAR GARUT883 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa Tanjungjaya Banjarwangi, Kurniadi SE, lakukan monitoring kegiatan kader posyandu dalam program pemeriksaan ibu hamil di GOR Desa setempat, Kamis (09/02/2023). Nampak hadir di lokasi, kader posyandu, TP PKK, Bidan Desa, dan UPT Puskesmas Banjarwangi, BPD, MUI dan tokoh masyarakat.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mencanangkan program Memastikan Ibu Hamil Terlayani (Melani). Program ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka untuk menekan angka stunting sejak dini.

“Jadi ibu hamil ini dari awal hingga persalinan harus termonitor. Baik oleh bidan desa, terutama aparatur itu diwajibkan membantu atau memonitor perkembangan ibu-ibu hamil yang ada di wilayah desa kami,” ujar Kepala Desa Tanjungjaya, Kurniadi.

Dalam kegiatan tersebut, UPT Puskesmas Banjarwangi menjadi narasumber kepada 38 ibu-ibu hamil dan juga para kader posyandu dan TP PKK dan lainnya.

Sementara Ketua BPD Tanjungjaya, Hendra Purnama mengatakan, pertanggal 9 Februari 2023, Desa Tanjungjaya mengadakan dua agenda yang menyangkut tentang kesehatan ibu hamil, seperti pemeriksaan ibu hamil yang diagendakan bidan desa dan para kader mencakup kegiatan desa.

Selanjutnya, kegiatan sosialisasi tentang Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Program tersebut merupakan tindaklanjut program Bupati Garut dalam program Melani, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendeteksi
sedini mungkin adanya faktor kehamilan agar dapat ditangani dengan cepat.

“Kami lembaga bersama para tokoh dan para RT, RW, secepatnya melakukan sosialisasi di masyarakat untuk menyampaikan program Melani tersebut. Alhamdulilah Desa Tanjungjaya untuk mendukung program Melani sekarang sudah mempunya atau memiliki mobil siaga yang bersumber dari Dana Desa tahun 2022,” terang Hendra.

Dengan adanya mobil siaga ini, imbuh Hendra, sangat membantu untuk masyarakat yang memiliki kebutuhan di bidang kesehatan, seperti sekarang ini, ibu hamil yang akan melaksanakan pemeriksan di desa, dijemput menggunakan mobil siaga.

“Karena Desa Tanjungjaya ini sangat luas jangkauannya. Jadi dengan adanya mobil ini sangat membantu masyarakat Tanjungjaya yang membutuhkan,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *