oleh

Tradisi Unik Puncak Perayaan HUT RI di Mekarsari Cibatu Garut, Ribuan Warga Makan Nasi Liwet Bareng Sepanjang Jalan Desa

HARIANGARUTNEWS.COM – Puncak rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77 yang digelar warga Kampung Cigaluh, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, benar-benar unik. Warga menggelar makan nasi liwet massal dengan formasi memanjang hingga kurang lebih 700 meter, di Jalan Suparno, mulai jam 16.00 WIB hingga jelang Maghrib, pada Senin (29/08/2022).

Lebih dari 1000 orang warga Cigaluh terlibat dalam acara makan nasi liwet massal tersebut di sepanjang pinggir jalan dari mulai depan halaman rumah Kepala Desa Mekarsari hingga perbatasan kampung.

Nasi dan lauk-pauknya terdiri dari ikan nila, ikan asin, petai, jengkol, goreng tahu, tempe, telur dan kerupuk ditaruh di atas daun pisang. Ribuan warga tersebut bersila di pinggir jalan dan kemudian menyantap liwet secara bersamaan.

Ketua Karang Taruna Desa Mekarsari, Amiludin mengatakan, makan nasi liwet massal ini merupakan salah satu tradisi warga Kampung Cigaluh sudah dilaksanakan dari tahun-tahun sebelumnya sebagai puncak acara dari serangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan masyarakat Cigaluh.

“Banyak kegiatan yang dilaksanakan di Cigaluh dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI. Seperti turnamen sepak bola U-12 antar RT, panjat pinang, kegiatan perlombaan lainnya. Kegiatan makan nasi liwet massal ini merupakan bentuk syukuran kami atas lancarnya pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut,” ujarnya.

Tujuan lainnya dari kegiatan, tambah Amiludin, untuk makin mempererat tali silaturrahmi dan kebersamaan warga Cigaluh.

“Anggaran untuk menggelar makan liwet massal ini adalah hasil swadaya warga, dibikin di masing-masing RT dan kemudian dimakan bersama oleh seluruh warga,” jelasya.

Sementara itu, Ketua RW Kampung Cigaluh, Muhamad Aos mengatakan, kegiatan ini pertama kali digelar pada perayaan HUT RI tahun 2018.

“Dan ini yang ke 5 kali digelar, sudah tradisi warga kami, ternyata warga sangat antusias mengikutinya. Sore ini mereka bersila di pinggir jalan untuk makan nasi liwet,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Mekarsari, Ahmad Sadli beserta perangkatnya pun hadir dan ikut menyantap nasi liwet. Ahmad merasa salut dengan kreativitas warga Cigaluh dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI. Lebih jauh ia pun mengatakan bangga dengan kekompakannya.

“Makan massal tak akan terlaksana jika warga tak kompak. Ini yang saya sangat salut,” katanya.

Ahmad berharap, kegiatan tersebut terus dilaksanakan ditahun mendatang sebagai ajang silaturahmi warga dan rasa syukur atas kemerdekaan RI.

Diakui Ahmad, perayaan HUT RI ke-77 tahun ini cukup meriah yang dilaksanakan oleh sepuluh RW yang ada di Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu.

“Dua tahun perayaan HUT RI tidak digelar karena pandemi covid-19, tahun ini sangat meriah seperti perayaan sebelum pandemi covid-19. Pemerintah dan Karang Taruna Desa melaksankan turnamen bola U-12 antar RW, turnamen bulu tangkis, jalan sehat, karnaval dan berbagai perlombaan lainnya,” terang Ahmad.

Kades Ahmad mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan HUT RI di Desa Mekarsari.

“Khususnya saya ucapkan terimakasih kepada bapak Aten Aripin selaku Pembina Karang Taruna, beliau salah satu pengusaha yang sudah mensuport segala kegiatan HUT RI di Mekarsari salah satunya santunan paket sembako untuk 200 warga yang kurang mampu,” katanya.(Don)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru