oleh

Pimpinan Ponpes Raudlathul Hikmah Citeras Malangbong Garut : Mari Berqurban dan Bersedekah

HARIANGARUTNEWS.COM – Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di dunia. Di hari raya ini identik dengan Hari Raya Qurban. Jika kamu muslim dan mampu, dianjurkan untuk memberikan hewan qurban terbaik berupa kambing, biri-biri, domba, sapi, kerbau hingga unta. Seperti yang diketahui, bahwa Idul Adha merupakan hari raya suci untuk merenungi kembali makna keikhlasan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

Tepatnya setiap tanggal 10 Dzulhijjah umat Islam merayakannya dengan diawali shalat sunnat Idil Adha dan berqurban dengan menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada kerabat, tetangga dan warga lainnya di daerah masing-masing. Seperti halnya Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Hikmah di Kampung Bojong RT 01/03 Desa Citeras, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, pada Selasa (20/07/2021).

Sesepuh/Pimpinan Pospes Raudlatul Hikmah, Ceng Aan, usai prosesi penyembelihan hewan qurban mengucap syukur, meskipun dalam situasi sulit saat ini karena masa pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pihaknya masih bisa melaksanakan qurban.

“Alhamdulillah, hari raya Idul Adha sekarang, kita masih bisa melaksanakan amalan-amalan, salah satunya berqurban,” ucapnya.

Tentunya lanjut ia, sesuai arahan dan aturan pemerintah, pelaksanan dengan standar protokol kesehatan, karena masih masa pandemi Covid-19 dan PPKM.

“Kita bersyukur pada Allah SWT, pelaksanaan lancar dan semoga berkah,” tuturnya.

Ceng Aan juga menjelaskan, pembagian daging qurban ini, panitia akan langsung keliling ke rumah warga di sekitar ponpes.

“Qurban ini adalah momentum penting, sebagai amalan baik khususnya bagi kaum Muslimin. Walaupun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Para Agnia yang mampu, marilah berqurban dan bersedekah untuk saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru