Miris, Tim Medis Puskesmas di Garut Ini Lakukan Swab Ditempat Sampah

FOKUS1,907 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sangat miris, dengan terbatasnya jumlah ruangan yang ada di Puskesmas Wanaraja, Kabupaten Garur, tim medis penanganan Covid-19, lakukan swab test kepada pasien positif Corona di ruang terbuka yang yang berdampingan dengan tempat pembuangan sampah.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Puskesmas (Kapus) Wanaraja, Yeti Heryati, SKM MKM, bahwa di Puskemmas Wanaraja tidak memiliki tempat khusus untuk swab pasien Covid-19 yang memadai.

“Karena dalam pengambilan swab itu untuk memghindari kontak dengan yang lain, juga harus ada ruangan yang terbuka, sirkulasi udara bagus kemudian juga menjaga privasi dari pasien yang di swab, kalau digabungkan dengan yang lain banyak pasien umum,” ujar Yeti, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/02/2021).

Kemudian, lanjut Kapus Yeti, kenapa pelaksanaan swab ditempat tersebut ia mengatakan, hanya tempat tersebut ruang terbukanya, tidak ada tempat lain dan juga terbatasnya ruang terbuka.

“Ruangan yang ada terbatas dan hanya untuk pelayanan umum biasa, tidak ada ruangan khusus untuk swab. Paling kedepannya dibuat skat agar tidak langsung terlihat dengan tempat sampah,” kata Yeti.

Yeti beralasan, dirinya mengambil kebijakan pelaksanaan swab ditempat tersebut, karena tidak ada alternatif tempat lain, tempat ruang terbuka yang tidak terlihat langsung oleh masyarakat umum berkaitan dengan privasi pasien positif Covid-19. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *