oleh

Banjir Bandang Garut Selatan, H. Ahab Sihabudin : Pemerintah Harus Lakukan Penertiban Terhadap Alih Fungsi Lahan

HARIANGARUTNEWS.COM – Banjir bandang yang terjadi di Garut Selatan pada Senin (12/10), membuat banyak orang prihatin dan mengulurkan bantuannya. Seperti anggota DPRD provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS, H Ahab Sihabudin SHI, menyampaikan keprihatinannya kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

Dikatakan Ahab, pihaknya akan terjun ke lokasi untuk membantu masyarakat dan akan membuka posko dapur umum. Karena ratusan warga masih berada di pengungsian.

“Bagi masyarakat yang tertimpa bencana, semoga diberi kesabaran, ketawakalan dan semoga Allah segera menggantinya dengan yang lebih baik. Selanjutnya, mari kita berintrospeksi diri agar peristiwa ini menjadi sarana untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, “ paparnya, Sabtu (17/10).

Lanjut dikatakan Ahab, Pemerintah Daerah harus segera membantu kebutuhan dasar masyarakat. Terutama makanan dan pakaian, dan yang lebih khusus untuk anak balita serta ibu hamil. Langkah untuk jangka pendeknya, sambung Ahab, pemerintah harus segera mendata pemukiman warga yang rawan banjir untuk direlokasi, karena mengingat bencana air bah ini telah berulang.

Penyebab banjir bandang, selain dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi, juga disebabkan oleh alih fungsi lahan hutan dan perkebunan yang berubah menjadi lahan pertanian. Hingga daerah-daerah yang seharusnya menjadi daerah resapan air tidak ada atau kurang.

“Pemerintah harus melakukan pengawasan dan penertiban terhadap alih fungsi lahan perhutanan dan perkebunan yang berubah menjadi lahan pertanian, “ pungkas Ahab. (Husni/Siti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru