oleh

Peternakan Kelinci Rabbit Jaya Mandiri Cikajang Garut Kebanjiran Pesanan

HARIANGARUTNEWS.COM – Rabbit Jaya Mandiri, adalah sebuah kelompok ternak Kelinci di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kelompok ini berdiri tahun 2016 dan di 2020 sekarang ini kelompok Rabbit Jaya Mandiri menjadi komoditi ternak kelinci unggulan Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang.

Sekretaris Kelompok Rabbit Jaya Mandiri, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Mekarjaya, Aan Sunanda, menuturkan, ternak kelinci merupakan suatu produk unggulan di Desa Mekarjaya, yang diketuai oleh Deni Rusmawan.

“Awalnya terfokus kepada kelici Show jenisnya GG dan FG primisian Jerman dan Amerika. Dan sekarang yang mendorong dan menjanjikan pada perekonomian masyarakat, jenis kelinci New Zealand White. dimana harganya sangat menjanjikan. Serta kelebihan dari kelinci ini adalah kelinci pedaging terbaik dunia,” Sabtu (15/02).

Dikatakan Aan, peternakan Rabbit Jaya Mandiri ini, sudah memiliki 20 anggota yang tersebar diwilayah desa. Selain jenis New Zealand White. ada juga yang Blue, Red dan Black.

“Selain mengembangbiakan kelinci, disini juga memproduksi pakan kelici seperti jenis DCR dan bisa dibeli secara online. Perkembangan DCR yang ada di kelompok ini sudah tersebar ke luar kota, seperti Bandung, Jawa Tengah dan Surabaya,” bebernya.

Aan berharap, dengan adanya produk unggulan Desa Mekarjaya melalui peternakan kelinci ini diikuti masyarakat lainnya, karena ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengembangbiakan budi daya ternak kelinci ini.

“Pesanan dari luar masih belum semua terpenuhi oleh kami karena banyaknya pesanan, tapi para peternak masih terbatas,” pungkasnya. (Bilal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru