oleh

Sukses di Depok, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah Bentuk Pokdar Kamtibmas di Kabupaten Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertema “Meneguhkan Solidaritas Sebagai Mitra Polri untuk Berperan Aktif Menjaga Keutuhan NKRI dari Ancaman Radikalisme dan Terorisme, Serta Turut Membantu Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2019 di Kabupaten Garut”, Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK, memberikan pengarahan kepada Pengurus Pokdar Kamtibmas (Kelompok Sadar Kamtibmas) Tingkat Polres Garut di aula Hotel Redante, Jalan Raya Samarang, Kabupaten Garut, Rabu (16/10).

Dihadapan para pengurus Pokdar Kamtibmas Resor Garut yang terdiri dari Tokoh Masyarakat Se-Kabupaten Garut, Kapolres Banyumas AKBP Dede Yudi Ferdiansyah dalam arahanya mengajak kepada pengurus Pokdar Kamtibmas untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Garut. Keamanan, kata dia, adalah kebutuhan bersama sehingga terwujud kenyamanan dalam menjalani akrifitas sehari-hari.

“Kami menyadari tidak bisa menjalankan semua itu tanpa partispasi semua elemen masyarakat. Pokdar Kamtibmas adalah Kelompok Sadar Kamtibmas yang memahami pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat, yang bekerja secara suka rela menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. Dasar Surat Keputusan Kapolri tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas),” tandas Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Garut menyampaikan, tugas Pokdarkamtibmas membantu Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, membantu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, membina dan menjalin persaudaraan antar organisasi masyarakat yang mempunyai tujuan sama yaitu menciptakan NKRI yang utuh, membangun dan meningkatkan kerja sama dengan tomas, tokoh pemuda dalam pemecahan masalah, melaksanakan tugas secara profesional, proporsional dan tidak diskriminatif, urainya.

“Bagi saya baik Pokdar Kamtibmas maupun Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) sudah tidak asing lagi, karena waktu menjabat Kapolsek Cimanggis Depok, berdasarkan Skep Kapolri saya pernah membentuk Pokdar Kamtibmas dan FKPM. Yang dimana beberapa kegiatannya antara lain membantu Polri mengamankan TKP agar tetap steril, melakukan tindakan pertama di TKP, membantu tugas Polri dalam rangka pengamanan peringatan hari-hari besar, mengamankan pelaku kejahatan yang tertangkap tangan. Adapun prasyaratnya berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat dalam tindak pidana, berniat mendukung dan membantu tugas Polri secara ikhlas, sukarela dan lain-lain,” pungkas Kapolres Garut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto, ST MTr (HAN), Kasdim 0611 Garut Mayor Hamzah B Susanto S Sos, mewakili Bupati Garut, Sekretariat Daerah Bidang Tata Pemerintahan Muhammad Topan Sandi, S IP, Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd. H Aas Kosasih, S Ag M Si, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Cakrawala Bhayangkara Daerah Jawa Barat, Tubagus D Rasmayuningrat, Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Garut, Igie N Rukmana S Kom dan tokoh masyarakat Se-Kabupaten Garut. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru