oleh

Bupati Garut, Harus Serius Tingkatkan Kualitas SDM Khususnya Pemuda

HARIANGARUTNEWS.COM – Menanggapi persoalan Dana Hibah untuk DPD KNPI di tahun 2020, Wakil Ketua SAPMA-PP sekaligus Wakil Ketua DPD KNPI, Febbie A. Zam Zami, M. Hum, angkat bicara terkait ketidakpastian operasional KNPI Garut.

Dalam era globalisasi ini, seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia yang sangat pesat. Oleh karena itu keberpihakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), terkait penganggaran dana hibah untuk operasional organisasi DPD KNPI Garut mulai dipertanyakan.

“Beberapa sektor pengembangan SDM yang harus dilakukan adalah, melalui program pelatihan, pendidikan, pembinaan, recruitment, dan melalui perubahan sistem dalam rangka menyesuaikan sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor eksternal (Lihat Jons dalam Sarwono, 1993),” ujarnya, Kamis (3/10/2019).

Hal ini kata Febbie, sejalan dengan agenda peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yang menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan akan dilakukan secara menyeluruh. Dimulai dari sektor Kesehatan, Pendidikan, Dukungan Industri, sampai pada Pembangunan Infrastruktur.

Eksistensi Pemuda di Garut, ditambah dengan adanya issue bonus demografi tentunya sudah harus menjadi perhatian penuh dari Bupati Garut,

“Harus ada langkah-langkah konkret dan komitmen yang jelas antara Pemerintah Daerah dengan Pemuda melalui DPD KNPI dalam upaya peningkatan kualitas SDM”, ungkap Febbie A. Zam Zami.

Tentunya langkah-langkah tersebut harus didukung oleh fasilitas yang memadai, anggaran program yang representatif dan support yang maksimal dari semua elemen termasuk khusunya Pemerintah Daerah.

Febbie melanjutkan, pemuda harus diberi ruang untuk berekspresi dan bereksplorasi dalam rangka penyaluran minat dan bakat pemuda yang mana hal ini juga salah satu upaya dalam mengurangi tingkat pengangguran Garut.

“Selain itu, pemuda juga harus diberikan kesempatan dalam menjalankan berbagai program Pendidikan dan Pelatihan melalui DPD KNPI dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) khususnya pemuda di  Garut,”  katanya.

Maka dari itu, DPD KNPI Garut, mengajak kepada seluruh pemuda untuk bangun dan mulai bersikap kritis terhadap berbagai dinamika kehidupan sosial maupun politik di Kabupaten Garut. (Firman)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru