oleh

Dalami Industri Anyaman, Camat Selaawi Garut Terima Kunjungan Mahasiswa Jerman

HARIANGARUTNEWS.COM – Selain terkenal dengan destinasi wisata, anyaman bambu hasil kerajinan tangan dari Kecamatan Selaawi kini sudah mendapat pengakuan dari dunia. Ya, industri kreatif bambu Selaawi semakin mendunia, hal ini terbukti dengan kehadiran turis-turis asing yang datang ke kecamatan paling utara di Kabupaten Garut tersebut.

Seperti yang tampak pada Selasa (02/07), Camat Selaawi, Ridwan Effendi SSTP M Si, mendapat kunjungan mahasiswa Dortmund University Jerman dalam rangka mendalami pelaksanaan demokrasi lokal Indonesia, potensi unggulan dan budaya lokal di Kecamatan Selaawi. Dikatakan Ridwan, sebelumnya juga ada kunjungan dari Thailand, Filipina, Jepang serta negara tetangga Malaysia.

Camat Selaawi saat menerima kedatangan rombongan mahasiswa Jerman.

“Mereka sangat terkesan dengan pelaksanaan demokrasi lokal di desa serta potensi unggulan lokal Selaawi. Dari segi kualitas anyaman Selaawi sudah tidak perlu diragukan lagi, meski hanya dengan peralatan seadanya, para penganyam di sini sudah sangat terlatih. Bisnis kerajinan bambu ini sudah ada sejak puluhan tahun, bahkan dijalankan secara turun temurun mulai dari pemuda hingga orang tua,” papar Camat yang baru saja mendapat penghargaan sebagai Camat Terinovatif versi Media Harian Garut News itu, Selasa (02/07).

Hadir dalam kunjungan tersebut, Forkopim Kecamatan Selaawi, Badan Kerjasama antar Desa (BKAD), mahasiswa ITB, UNPAD, UNPAR, tokoh ulama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, seorang mahasiswa UNISBA yang mendapat undangan dari Camat Selaawi, Kafil menuturkan, dirinya bersama rekan-rekannya sengaja datang untuk mengenal lebih dalam tentang kultur budaya, kerajinan, dan wisata-wisata yang ada di Kecamatan Selaawi. (CEP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru