Ribuan Warga Kota Wetan Kecamatan Garut Kota Terima Bantuan Beras Gratis

GARUT KOTA925 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meluncurkan program bantuan beras sebagai bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan ekstrim dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan. Program ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan pangan yang mencukupi bagi warga Garut.

Pantauan hariangarutnews.com, di Kelurahan Kota Wetan Kecamatan Garut Kota, sebanyak 1.440 Kepala Keluarga (KK) menerima pendistribusikan beras secara cuma-cuma. Masing-masing KK menerima beras seberat 10 kilogram/KK, di aula kelurahan setempat, Rabu (20/09/2023).

Lurah Kota Wetan, Wahyudin, di sela kegiatannya menyampaikan, program ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Garut sebagai tanggapan atas situasi kemiskinan ekstrim yang semakin mendesak.

Pembagian beras ini lanjut Lurah Wahyu, dilakukan dengan mekanisme yang cermat dan efisien. Para penerima beras diminta untuk membawa data identitas seperti Kartu Keluarga dan KTP dan dilakukan scan digital untuk verifikasi warga. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan benar-benar sampai kepada yang membutuhkannya.

“Alhamdulillah hari ini penyaluran berjalan lancar, semua warga hadir langsung menerima bantuan beras ini. Ya mudah-mudahan mereka yang menerima bisa terbantu kehidupan sehari-harinya, karena kan banyak dari warga yang menerima ini perlu pemulihan secara ekonominya, karena pasca pandemi tahun lalu, banyak warga yang hilang mata pencahariannya, termasuk juga para lansia ada yang menerima,” ujar Wahyu.

Salah satu penerima manfaat, Rini, mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan bantuan yang diterimanya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Garut dan Kelurahan Kota Wetan yang menyalurkan bantuan ini. Bagi kami yang menghadapi kenaikan harga beras, ini sangat membantu untuk kelangsungan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Sementara warga penerima manfaat lainnya, Tati Maryati, menjelaskan bagaimana program ini bermanfaat bagi usahanya.

“Pembagian beras ini sangat membantu saya dalam berjualan bubur setiap hari. Ini membantu meningkatkan keuntungan dan kualitas hidup saya serta memberikan makanan yang lebih terjangkau kepada pelanggan saya,” katanya.

Program pembagian beras ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Kelurahan Kota Wetan. Para penerima manfaat berbagi cerita tentang bagaimana bantuan ini akan sangat membantu mereka mengatasi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Pemerintah Kabupaten Garut juga berkomitmen untuk memastikan bahwa bantuan ini tersedia secara adil dan transparan kepada seluruh warga yang memenuhi syarat. Program serupa juga dilaksanakan di daerah lain dalam upaya bersama untuk penanganan kemiskinan ekstrim.

Program pembagian beras ini adalah contoh nyata kerja keras Pemerintah Kabupaten Garut dalam mengutamakan kesejahteraan masyarakatnya dan upaya nyata dalam penanganan kemiskinan ekstrim. Semoga langkah-langkah seperti ini akan terus membantu masyarakat Garut dalam menghadapi masa-masa sulit. (Tim Jobtrain/Syarif-Heriansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *