Dukung Percepatan Pembangunan, Warga Desa di Banjarwangi Garut Lakukan Gerakan Swadaya

HARIANGARUTNEWS.COM – Bersama warga masyarakat Kampung Cigugur RT 01/04, Kepala Desa Tanjungjaya Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, Kurniadi SE, lakukan kerja bhakti Jum’at Bersih (Jumsih), membersihkan saluran air/selokan yang akan dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT), pada Jum’at (19/05/2023).

“Selokan ini melintas di dua RW, dan lokasi yang akan dibangun TPT di RT 01 RW 04,” ucap Kurniadi di sela kegiatan.

Kurniadi menyebutkan, TPT yang akan dibangun sepanjang 45 meter dengan ketinggian 2,5 meter ini dibiayai dari Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun 2023.

“Alhamdulilah antusias masyarakat sangat simpati, sangat respon dengan adanya pembangunan TPT ini,” ujarnya.

Selain pembangunan TPT di Kampung Cigugur, lanjut Kurniadi, ada juga pembangunan TPT di Kampung Ciawitali RT 02/07, kurang lebih 48 meter yang progresnya sudah mencapai 80%. Kemudian, pembangunan gorong-gorong untuk pembuangan kotoran sepanjang 120 meter, serta pembangunan Jembatan di Kampung Cipeundeuy.

“InsyaAllah sudah mulai pengadaan barang. Namun karena di wilayah Cipeundeuy itu, RW 1, lokasinya sangat jauh dari perkotaan, lokasinya medan jalan yang dilalui sangat extrim. Jadi pengadaan barangnya betul-betul butuh proses lama, butuh perjuangan,” katanya.

Ia bersyukur masyarakat Tanjungjaya khususnya wilayah-wilayah yang akan dibangun di tahap 1 tahun 2023 ini sangat antusias menyambut pembangunan ini. Terbukti dengan adanya swadaya gotong-royong bahu-membahu membantu pelaksanaan pembangunan.

“Harapan saya untuk kelancaran pembangunan ini, cuaca mendukung. Karena cuaca di daerah kami ini sering dilanda hujan. Otomatis ini bisa menghambat realisasi pembangunan selanjutnya. Alhamdulillah masyarakat termotivasi, untuk mempercepat pembangunan dengan bentuk gerakan swadaya, agar apa yang diharapkan, pembangunan itu bisa lebih cepat,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *