Wabup Helmi Gelar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mall Terbesar di Garut

FOKUS9,074 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri sekaligus melaksanakan peletakkan batu pertama atau ground breaking pembangunan Citimall Garut yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jum’at (10/03/2023).

Dalam sambutannya, Wabup Garut menyampaikan bahwa pelaksanaan ground breaking pembangunan Citimall Garut ini merupakan sebuah investasi yang sangat diharapkan oleh pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Garut.

Apalagi ia mengungkapkan jika Pemerintah Kabupaten Garut mempunyai target untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya masuk ke Kabupaten Garut, karena dirinya menilai jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di wilayah Pringan Timur, investasi di Kabupaten Garut cukup kurang.

“Kabupaten Tasik atau Kota Tasik itu tentu investasinya sangat banyak masuk ke sana, saya juga suka heran kenapa kok ke Garut yang investasinya sedikit tidak banyak atau kecil-kecil. Sebutlah misalkan kayak kita alat-alat bengkel yang alatnya sangat canggih lengkap kalau gak ke Bandung ya Tasik,” ujar Wabup Garut.

Oleh karena itu ia menyambut baik pembangunan Citimall Garut ini, yang digadang-gadang akan menjadi mal terbesar di Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Citimall Garut juga perwakilan dari PT. Nirvana Wastu Pratama (NWP) Property, Teges Prita Soraya, menuturkan jika Citimall Garut memiliki lokasi yang cukup strategis, dan menurutnya Citimall ini akan menjadi bagian dari pemerataan ekonomi.

“Alhamdulillah Citimall Garut ini lokasinya cukup strategis, dan insya Allah bisa menjadi bagian dari pemerataan ekonomi juga pak, biar tidak berada di hanya satu tempat, karena biasanya kalau sudah kami mulai membangun mall, sekelilingnya banyak jadi kost-kost-an pak, kemudian harganya juga biasanya tanahnya naik pak, kemudian nanti banyak jadi ruko, jadi sepertinya biasanya kami membawa ekonomi yang lumayan signifikan untuk daerah sekitar,” tutur Teges.

Ia memaparkan luasan gedung Citimall Garut ini kurang lebih 23 ribu meter persegi dan digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Kabupaten Garut, di mana 17 ribu meter persegi diantaranya merupakan luasan lahan yang nantinya akan disewakan.

“Akan ada bioskop pastinya, akan ada Departemen Store Matahari, kemudian untuk mainan anak-anak sudah pastinya banyak, kami memang tidak mau membuat outdoor, karena saya rasa kalau tempat outdoor di Garut sudah cukup banyak, tetapi ruangan ber-AC yang nyaman, yang tidak kehujanan agak kurang, dan mall ini akan bisa menjadi banyak sekali tempat untuk berkumpul,” paparnya.

Teges mengatakan jika biasanya mall yang dibangun oleh pihaknya disediakan tempat untuk berkumpul, sehingga biasa disebut dengan mall komunitas.

“Jadi kalau dari Pak Wakil Bupati atau dari Polres atau Dandim ingin mengadakan acara, nanti kalau sudah mulai jadi silahkan dipakai mall-nya, biasanya untuk penyuluhan adalah tempat yang paling tepat, karena sudah tidak perlu menyewa gedung lagi,” kata Teges.

Ia berharap gedung ini bisa selesai di akhir tahun 2023, dan nantinya tenant-tenant yang ada di Citimall Garut bisa merekrut masyarakat Kabupaten Garut untuk bekerja di Citimall Garut.

“Normalnya di tempat-tempat lain 90% adalah masyarakat sekitar sudah pastinya, jadi itu juga menjadi kebanggaan karena mereka akan belajar nanti kalau retail mereka akan belajar untuk menjadi anak retail yang lebih modern, dan kalau perusahaan-perusahaan ini punya tokonya banyak, biasanya jenjang karirnya juga baik, sehingga mereka juga nanti bisa dipindahkan di tempat lain pada saat mereka nanti baik posisi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *