1.300 Pesilat Ikut Kejuaraan Pencak Silat Se-Priangan Timur, Ketua IPSI Garut : Ini Agenda Rutin Menjaring Atlet Pencak Silat

FOKUS1,066 views

HARIANGARUTNEWS.COM -Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Garut akan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Se-Priangan Timur pada tanggal 2-5 Maret 2023 di SOR RAA Adiwijaya, Jalan Merdeka, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul. Kejuaraan Prestasi dan Pemasalan digelar tersebut dilaksanakan dalam mengembangkan daya saing keolahragaan terutama di cabang pencak silat.

Ketua IPSI Garut, Agus Mulyana didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Igie N. Rukmana mengatakan, kejuaraan pencak silat tahunan tersebut dalam rangka mencari bibit atlet agar bisa berprestasi untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri baik untuk kategori pemasalan maupun kategori prestasi. Kejuaraan pencak silat ini, kata Adis, sudah menjadi agenda rutin dalam menjaring atlet pencak silat di Garut.

“Ini merupakan penjaringan atlet pencak silat yang kita siapkan baik yang mengikuti pemasalan maupun prestasi. Kegiatan IPSI ini telah menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka pembinaan dan penjaringan atlet di Kabupaten Garut,” tandas Adis, sapaan akrab Ketua IPSI Garut, Rabu (01/03/2023).

Ketua IPSI Garut menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 1.300 atlet silat se-Priangan Timur mulai dari tuan rumah Kabupaten Garut, Kota Tasik, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, imbuhnya, rencananya kejuaraan pencak silat yang akan digelar Kamis (2/03/2023) besok akan dibuka Bupati Garut, Rudy Gunawan SH MH MP.

“Kejuaraan diikuti oleh atlet yang sebelumnya sudah mengikuti seleksi di masing-masing paguron. Tentu event ini juga diharapkan akan memperluas wawasan, pengetahuan, melestarikan dan menumbuhkembangkan kecintaan pencak silat sebagai budaya asli bangsa Indonesia. Insya Allah besok Bupati Garut yang akan membuka acara,” jelasnya.

Dalam kejuaraan tersebut, lanjut Adis, dipertandingkan kelas TGR dan Tanding dari seluruh paguron yang ada di Priangan Timur. Di sisi lain ia juga mengatakan ajang tersebut diharapkan mampu mencari bibit-bibit atlet pemula yang kemudian dibina secara bertahap sehingga menjadi andalan Jawa Barat.

“Jadi sebetulnya dalam pencak silat itu banyak yang dipertandingkan, namun kita kali ini hanya mempertandingkan kelas TGR dan Tanding saja yang memang menjadi potensi bagi atlet di Jawa Barat,” pungkas Ketua IPSI Garut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *