Dukung Program P4GN, DPD GANNA Kabupaten Sumedang Gelar Rakor bersama DPW Jawa Barat

FOKUS580 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa. Karena itu pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan Narkoba.

Masalah merebaknya penyalahgunaan narkoba semakin lama semakin meningkat. Efek domino akibat dari penyalahgunaan narkoba juga semakin beragam, serta usaha untuk mengatasi penyalahgunaan Narkoba merupakan langkah yang tidak mudah untuk dilaksanakan.

Berkenaan dengan hal tersebut, para pengurus DPD Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pelaporan Administrasi Kepengurusan dan Strategi Operasional dalam rangka Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Villa Fram, Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Sabtu (21/01/2023).

Jajaran pengurus DPD GANNA Kabupaten Sumedang saat mengelar rakor bersama DPW GANNA Provinsi Jawa Barat, Sabtu (21/01/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs. Ketua DPW GANNA Provinsi Jawa Barat, Igie N. Rukmana S.Kom, Ketua DPD GANNA Kabupaten Sumedang, Dede Suarni beserta jajaran, Ketua DPD GANNA Kota Tasik, Samsudin beserta dewan penasehat dan jajaran pengurus.

“Administrasi organisasi adalah hal vital dalam sebuah organisasi, baik itu organisasi profit maupun non profit.
Adminitrasi yang amburadul akan jadi masalah bagi organisasi tersebut,” ujar Igie yang juga menjabat Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut saat mengawali sambutannya.

Oleh karena itu, lanjut Dia, agar organisasi itu bekerja secara dinamis diperlukan implemantasi program dari setiap bidang sesuai dengan job description masing-masing. Optimalisasi pengurus harian akan menjadi tolok ukur fungsionalisasi peran, ini yang harus jadi komitmen bersama pengurus dalam berbagai tingkatan, tukasnya.

“Kami mengapresiasi atas kinerja seluruh jajaran DPD GANNA Sumedang yang telah menginisiasi Rakor terkait organisasi. Maka dengan ini, karena Yayasan GANNA telah berbadan hukum saya berharap kepada pengurus yang ada di DPD-DPD agar segera menyelesaikan administrasi mulai dari SK pengurus, Surat Domisili, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Bakesbangpol supaya bisa bersinergis dengan steakholder mulai dari unsur pemerintahan, TNI/Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan lainnya,” ungkapnya.

Ketua DPW GANNA Provinsi Jawa Barat menambahkan, pencegahan perilaku berisiko di kalangan pemuda, seperti kekerasan, penyalahgunaan NAPZA, dan seks bebas membutuhkan langkah tepat  dan holistik integratif. Oleh karena itu, koordinas lintas sektoral dan lembaga dalam penyusunan program pencegahan perilaku berisiko bagi Penggiat Anti Narkoba menjadi titik penting dalam peningkatan kualitas pembangunan manusia.

“Saya ingin agar ada langkah-langkah pemberantasan narkoba yang lebih gencar lagi, yang lebih berani lagi, yang lebih komprehensif lagi dan dilakukan secara terpadu oleh semua pengurus DPD GANNA Kabupaten Sumedang,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPD GANNA Kabupaten Sumedang, Dede Suarni menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran pengurus DPW GANNA Jawa Barat dan DPD Kota Tasik yang dimana telah turut memberikan arahan guna membangun kemampuan para Penggiat Anti Narkoba dalam menghadapi pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, khususnya di Kabupaten Sumedang.

“Rakor dalam pemberdayaan pengurus GANNA ini, insya Allah akan dapat mencegah penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika khususnya di kalangan pemuda melalui sistem koordinasi lintas pemangku kepentingan, pengembangan peran swasta, sehingga menghasilkan tingkat kemandirian dalam membentuk penggiat dari program P4GN tersebut,” harap Dede Suarni.

Dede melanjutkan, dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi ini kedepannya akan memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada seluruh pengurus DPD GANNA Kabupaten Sumedang tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak yang ditimbulkan, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *